Kembali

Hingga Pukul 15.00 WIB, KAI Commuter Telah Operasikan 647 Perjalanan Commuter Line Jabodetabek Pada Hari Kedua Pemberlakuan GAPEKA 2023

Jakarta - Pemberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 hari kedua terpantau berjalan aman dan relatif lancar. Hingga pukul 15.00 WIB, tercatat sebanyak 647 perjalanan Commuter Line yang telah dioperasikan dari 1.133 perjalanan yang direncanakan beroperasi hari ini. Commuter Line Bogor telah mengoperasikan sebanyak 235 perjalanan, Commuter Line Cikarang sebanyak 214 perjalanan, Commuter Line Rangkasbitung sebanyak 84 perjalanan, Commuter Line Tangerang sebanyak 63 perjalanan dan Commuter Line Tanjungpriok sebanyak 51 perjalanan.

Terpantau total rata-rata kelambatan keberangkatan perjalanan Commuter Line seluruh lintas pada hari ini hingga pukul 15.00 WIB selama 6,9 menit, sedangkan rata-rata kelambatan kedatangan perjalanan Commuter Line di seluruh lintas selama 6,5 menit. Khusus pada Commuter Line Bogor tercatat rata-rata kelambatan keberangkatan dan kedatangan selama 12 – 15 menit per perjalanan.

Pada Commuter Line Cikarang kelambatan dikarenakan adanya gangguan operasional. Gangguan persinyalan Belasi-Jatinegara sehingga beberapa Commuter Line mengalami kelambatan sampai dengan 41 menit dan terdapat juga rekayasa pola operasi pada Commuter Line 5552 dan 5563 hanya sampai Cakung dan Cakung-Kampungbandan.

Sementara itu, untuk Commuter Line Tangerang dan Commuter Line Rangkasbitung keberangkatan dan kedatangan perjalanan Commuter Line relatif tepat waktu. Sedangkan kelambatan Rangkasbitung keberangkatan dan kedatangan perjalanan Commuter Line Tanjungpriok rata-rata selama 1 menit.

KAI Commuter juga mencatat hingga pukul 16.00 WIB, sebanyak 364.083 orang yang naik Commuter Line. Di Stasiun Bogor 23.557 orang, Stasiun Tanah Abang 28.683 orang, Stasiun Jakarta Kota 13.512 orang. Khusus di Stasiun Manggarai sebagai stasiun transit, tercatat 6.583 orang yang turun dan 5.425 orang yang naik.

Untuk menjaga kenyamanan bersama saat akan naik dan turun dari Commuter Line, selalu mendahulukan pengguna yang turun terlebih dahulu serta ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam perjalanan. Informasi jadwal terbaru, posisi kereta, serta informasi lengkap lainnya dapat dilihat di website commuterlin.id serta bisa mengakses melalui aplikasi C-Access, akun media sosial @commuterline dan dapat menghubungi call center 021-121.