Kembali

KAI Commuter Kolaborsi Dengan Dinas Perhubunga DIY, Kini KMT Bisa Untuk Bayar Tiket Trans-Yogya

KAI Commuter bersama Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta melakukan kolaborasi integrasi pembayaran pada moda transportasi publik di wilayah kota Yogyakarta. Mulai 8 November 2022 lalu, Kartu Multi Trip (KMT) sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran tiket Bus Trans-Yogya.

Seperti yang diketahui bersama, KMT merupakan uang elektronik dengan sistem saldo yang diterbitkan oleh KAI Commuter yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bertransaksi dalam pembayaran tiket commuterline. Selain itu KMT juga bisa untuk melakukan pembayaran parkir di stasiun commuterline, dan merchant-merchant yang bekerjasama dengan KAI Commuter.

Kolaborasi integrasi pembayaran pada moda transportasi di Kota Yogyakarta ini akan memudahkan pengguna commuterline Yogya-Solo yang akan melanjutkan perjalanannya menggunakan Bus Trans-Yogya.

Dengan menggunakan KMT masyarakat dan khususnya pelajar dapat mengakses Bus Trans-Yogya yang beroperasi mulai pukul 06.00 – 19.00 WIB dan mencangkup mencakup 17 koridor di 117 halte dan 128 armada bus di berbagai wilayah Kota Yogyakarta. Masyarakat cukup membawa KMT ke halte Trans-Yogya, lalu petugas akan membantu untuk melakukan proses pembayaran tiket Bus dengan menggunakan KMT.

Masyarakat bisa membeli KMT dengan harga 30 ribu rupiah dan sudah mendapatkan saldo 10 ribu rupiah, ataupun melakukan top up saldo di seluruh stasiun yang melayani operasional commuterline dan KA Prambanan Ekspres.

Commuterline Yogya-Solo kini melayani rata-rata lebih dari 17 ribu pengguna per hari pada akhir minggu atau hari libur dengan mengoperasikan 24 perjalanan commuterline, dan rata-rata lebih dari 11 ribu pengguna pada hari kerja dengan mengoperasikan 20 perjalanan commuterline. Selain Yogyakarta, masyarakat juga bisa menggunakan commuterline untuk menjangkau wilayah Klaten, Solo dan yang terbaru perjalanan commuterline Yogya-Solo sudah sampai stasiun Palur di Karanganyar.

“Dengan KMT, kini satu kartu sudah cukup untuk menggunakan layanan commuterline dan bus di Yogyakarta.” Ujar Roppiq Lutzfi Azhar Direktur Utama KAI Commuter. Roppiq juga menambahkan kolaborasi dari KAI Commuter dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta ini adalah bentuk pelayanan KAI Commuter dalam memberi kemudahan layanan bagi masyarakat dalam menggunakan transportasi publik.

“KAI Commuter berharap dengan integrasi pembayaran ini bisa diterapkan pada moda transportasi lainnya khususnya di wilayah Yogyakarta dan Solo, sehingga dapat menarik lebih banyak masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi publik yang ramah lingkungan, hemat waktu dan lebih sehat.” Tutup Roppiq