Kembali

KAI Commuter Siapkan 31 KA Feeder Antisipasi Kepadatan di Stasiun Transit

Minggu kedua Februari terpantau sampai dengan Minggu siang (12/2), kondisi di seluruh lintas stasiun commuterline terpantau kondusif, yang sebelumnya terjadi kendala operasional di Stasiun Manggarai pada pagi hari. Tercatat volume pengguna commuterline Jabodetabek hingga pukul 15.00 WIB sebanyak 233.909 orang. Sementara itu total volume pengguna sepanjang Bulan Februari ini sebanyak 8.099.547 orang.

Untuk pola operasi perjalanan commuterline, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan commuterline tiap harinya yang dimulai pukul 04.00 – 24.00 WIB. Tercatat juga pesebaran pengguna pada hari kerja mulai pukul 06.30 – 08.30 WIB pada pagi hari dan pukul 17.00 -19.00 WIB pada jam sibuk sore hari.

Khusus di Stasiun Manggarai, untuk volume pengguna sepanjang Februari 2023 ini hingga Sabtu kemarin sebanyak 151.358 orang. Dengan rata-rata volume pengguna pada hari kerja sebanyak 14.606 orang, dan sebanyak 11.503 orang tiap harinya pada hali libur. Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai sekitar 125 - 160 ribu orang per harinya.

Untuk antisipasi pengguna transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter mengoptimalkan sebanyak 31 perjalanan commuterline feeder tambahan, dimana sebanyak 17 perjalanan pada jam sibuk pagi hingga siang dengan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP. Sedangkan pada jam sibuk sore hingga malam, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan commuterline feeder tambahan untuk relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan dan Manggarai – Bekasi PP.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini progress pembangunan Stasiun Manggarai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan sudah 60% dan masih terus berlangsung. Pembangunan ini sejak awal dilakukan dengan tetap melayani perjalanan kereta sebagai mobilisasi masyarakat dan merupakan lanjutan dari perubahan-perubahan sebelumnya. Oleh karena itu Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama proses pembangunan ini dan terimakasih kepada pengguna yang terus mendukung adaptasi perubahan pola operasi commuterline ini dengan berbagai masukan.

KAI Commuter bersama KAI Daerah Operasi 1 Jakarta juga terus berokordinasi dengan DJKA dalam memenuhi fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di area Stasiun Manggarai. Untuk meningkatan pelayanan, KAI Commuter juga menyiagakan petugas-petugas yang akan siap melayani jika pengguna membutuhkan informasi dan bantuan.  

KAI Commuter juga terus megimbau kepada seluruh pengguna commuterline yang naik-turun atau transit di Stasiun Manggarai untuk tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan. Demi kenyamanan bersama selalu ikuti arahan petugas di area stasiun. Rencanakan perjalanannya dengan tepat serta mengecek jadwal perjalanan, posisi commuterline dan kepadatan stasiun secara berkala melalui aplikasi KRL Access.

Untuk bantuan informasi terkait perjalanan commuterline dan informasi lain bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses layanan Media Sosial @commuterline serta website di commuterline.id.