Kembali

Optimalisasi Angkutan Lebaran, KAI Commuter Lakukan Penyesuaian Jadwal KA Lokal Merak dan Commuterline

KAI Commuter lakukan optimalisasi pelayanan kepada para pengguna khususnya di Stasiun Rangkasbitung. Penyesuaian jadwal perjalanan KA Lokal Merak dan perjalanan commuterline akan dilakukan esok Sabtu, (8/4), jadwal pemberangkatan KA Lokal Merak akan berubah 5-10 menit dari jadwal sebelumnya, hal ini dilakukan sebagai optimalisasi angkutan lebaran untuk pengguna commuterline dan KA Lokal Merak di Stasiun Rangkasbitung yang akan melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kereta api.

Selain itu, terhitung mulai besok KAI Commuter juga menambah satu perjalanan commuterline di lintas Rangkasbitung. Dengan adanya penambahan, total perjalanan commuterline Jabodetabek menjadi 1.107 tiap harinya, mengoperasikan 98 rangkaian kereta. Dimana perjalanan commuterline Lin Rangkasbitung sebanyak 220 perjalanan, Lin Bogor 393 perjalanan, Lin Bekasi 300 perjalanan, Lin Tangerang 108 perjalanan dan Lin Tanjungpriuk 86 perjalanan.    

Berikut jadwal Penyesuaian Perjalanan Commuterline Lin Rangkasbitung dan KA Lokal Merak:

Jadwal

Sementara itu, KAI Commuter bersama KAI Daop 1 Jakarta dengan DJKA , PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan DAMRI melakukan skema pola operasi angkutan alternatif menuju Pelabuhan Merak pada masa Angkutan Lebaran nanti dalam kurun waktu H-7 hingga H+7. Rute alternatif ini dapat ditempuh dengan menggunakan KA Lokal Merak dari Stasiun Rangkasbitung menuju Stasiun Cilegon, disambung dengan shuttle bus secara gratis. Rute alternatif ini diberlakukan bertepatan juga dengan proses pekerjaan penataan kawasan Pelabuhan Penyebrangan Merak. 

KAI Commuter mencatat sepanjang tahun 2023 hingga 31 Maret 2023 kemarin, total pengguna KA Lokal Merak sebanyak 763.246 orang. Sedangkan volume pengguna commuterline Jabodetabek hingga 31 Maret sebanyak 67.383.430 orang, dimana volume pengguna di lintas Rangkasbitung sebanyak 13.828.560 orang. Sedangkan pengguna commuterline khusus di Stasiun Rangkasbitung hingga akhir Maret kemarin sebanyak 792.497 orang dan pengguna KA Lokal Merak sebanyak 279.061 orang.

KAI Commuter berharap dengan adanya optimaliasi rekayasa pola operasi ini dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada para penggunanya. Saat ini KAI Commuter memberlakukan syarat untuk naik KA Lokal sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub No.84 Tahun 2022. Antara lain Sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama, jika tidak atau belum melakukan vaksinasi wajib menunjukan surat keterangan dari dokter RS Pemerintah, serta pengguna dengan usia di bawah 6 tahun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Dalam pemesanan dan pembelian tiket KA-KA Lokal tersebut dapat melalui Aplikasi KAI Access. Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan atau pembelian langsung di loket selama ketersediaan tiket masih ada. Pengguna diwajibkan melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaaan syarat naik KA Lokal sekaligus validasi data vaksinasi.

KAI Commuter mengimbau seluruh pengguna agar menyesuaikan waktu perjalannya yang baru. Update jadwal perjalanan commuterline bisa diakses melalui aplikasi C-Access, sedangkan untuk informasi perjalanan KA Loka melalui aplikasi KAI Access. KAI Commuter juga mengimbau untuk tetap menjaga kondisi tubuh selama perjalanan, mengikuti aturan yang berlaku dan arahan dari petugas. Informasi terupdate mengenai operasional Commuterline atau KA Lokal juga dapat dilihat melalui akun media sosial @commuterline dan call center 021-121.