Kembali

Update Gapeka 2023 - KAI Commuter Tambah Perjalanan Commuter Line Di Stasiun Transit Manggarai Pada Jam Sibuk Pagi dan Sore

Dalam pemberlakuan Gapeka 2023 per 1 Juni nanti, KAI Commuter terus melakukan peningkatan-peningkatan layanan kepada pengguna transportasi Commuter Line Jabodetabek pada setiap lintas perjalanan. Seperti penambahan kecepatan perjalanan, memperkecil headway dan penambahan perjalanan Commuter Line pada beberapa koridor lintas ramai pengguna.

Penambahan frekuensi perjalan tersebut salah satunya dilakukan pada lintas Commuter Line Bogor pada jam-jam sibuk pagi maupun sore hari. Mulai 1 Juni 2023 nanti KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 420 perjalanan Commuter Line Bogor dengan 41 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut.

Sementara itu, untuk perjalanan pada lintas Depok – Manggarai/Jakarta Kota pada jam sibuk pagi mulai pukul 04.00 – 08.00 WIB akan ditambah 2 perjalanan menjadi sebanyak 50 perjalanan dengan headway selama 5 menit. Sedangkan untuk perjalanan pada lintas Jakarta Kota – Nambo/Bogor pada jam sibuk sore mulai pukul 15.00 – 20.00 WIB akan ditambah 1 perjalanan menjadi 52 perjalanan dengan headway rata-rata selama 5 menit.

Untuk mengantisipasi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai kearah Sudirman/Tanah Abang/Duri pada jam sibuk pagi, KAI Commuter menambah 13 perjalanan pada lintas Manggarai – Kampung Bandan menjadi 33 perjalanan. Sedangkan untuk pelayanan pengguna yang transit di Stasiun Manggarai dari arah Duri/Tanah Abang/Sudirman pada jam sibuk sore, KAI Commuter menambah 17 perjalanan menjadi 40 perjalanan pada lintas Kampung Bandan – Manggarai.   

Sebagai alternatif pilihan pada jam sibuk pagi dan sore, pengguna Commuter Line di sekitar wilayah Tangerang yang akan menuju atau dari wilayah pusat perkantoran di kawasan Sudirman dan sekitarnya bisa menggunakan layanan perjalanan Commuter Line Basoetta. Pengguna bisa naik atau turun di Stasiun-stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper.

Berikut table perbandingan jadwal Commuter Line yang transit di Stasiun Manggarai pada jam sibuk pagi dan sore:

Transit mri

Pada pemberlakuan Gapeka 2023 nanti juga akan mengakomodir progress pengembangan Stasiun Manggrai oleh DJKA Kemenhub bersama KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta. Secara bertahap juga akan diselesaikan pembangunan jalur 3 dan 4 Stasiun Manggarai untuk pelayanan naik dan turun. pengguna Commuter Line.

Tercatat, sepanjang bulan Mei 2023 volume pengguna ransit di Stasiun Manggarai sebanyak 160 -170 ribu orang per hari. Saat ini untuk memecah kepadatan flow pengguna yang transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter telah mengoperasikan fasilitas pelayanan tambahan berupa tangga manual di peron 6-7 dan peron 8-9 Stasiun.

KAI Commuter mengimbau dengan pemberlakuan Gapeka tahun 2023 ini para pengguna Commuter Line Basoetta dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanannya sesuai dengan jadwal yang berlaku. Informasi terbaru dapat disimak melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline dan Contact Center 021-121.