Kembali

Malam Pergantian Tahun, KAI Commuter Operasikan 24 Perjalanan Commuter Line Tambahan

Jakarta - Dalam meningkatkan layanan pengguna pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023-2024, KAI Commuter sebagai operator Commuter Line Jabodetabek melakukan sejumlah penyesuaian layanan operasional khusus di malam pergantian tahun pada Minggu, (31/12) mendatang. Dalam penyesuaian tersebut, KAI Commuter akan menambah pelayanan perjalanan commuter line dengan total sebanyak 24 perjalanan di wilayah Jabodetabek hingga pukul 03.00 WIB pada 1 Januari 2024.

Untuk lintas Bogor, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan tambahan sebanyak delapan perjalanan. Sementara itu pada lintas Bekasi akan dioperasikan sebanyak enam perjalanan tambahan. Sedangkan untuk lintas Rangkasbitung dan lintas Tanjung Priok masing-masing sebanyak empat perjalanan, serta lintas Tangerang akan dioperasikan sebanyak dua perjalanan tambahan.

Berikut jadwal perjalanan commuterine tambahan khusus malam pergantian tahun 2024: 

Klb tahun baru 2024

Selain menambah perjalanan commuterline, untuk layanan pengguna pada malam pergantian tahun KAI Commuter juga akan tetap menyiagakan petugas pelayanan, kebersihan, dan pengamanan hingga jadwal perjalanan terakhir. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna commuterline untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun di dalam perjalanan commuterline.

Stasiun Manggarai sebagai stasiun transit selama masa libur Natal 2023 dan cuti bersama kemarin KAI Commuter mencatat rata-rata volume transit sebanyak 172.260 orang perhari, dengan volume transit tertinggi pada Minggu, 24 Desember 2023 yaitu sebanyak 190.756 orang dengan pesebaran pengguna transit pada siang jam 10.00 – 12.00 WIB dan sore hari pukul 17.00 – 19.00 WIB.

Di Stasiun Manggarai sendiri, pengguna dari lintas Bogor – Jakarta Kota bias transit untuk berpindah perjalanan menuju wilayah Tanah Abang atau Bekasi/Cikarang. Sementara itu untuk stasiun transit lainnya seperti Stasiun Tanah Abang melayani transit menuju ke arah Rangkasbitung, dan Stasiun transit Duri bisa munuju Stasiun Tangerang.

Selain sebagai stasiun transit, Stasiun Manggarai juga sudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Pengguna bisa menggunakan Commuter Line Basoetta untuk menuju Bandara Soetta, terkoneksi juga dengan Bus Transjakarta dan taxi atau ojek online. 

Bagi para pengguna yang hendak berpergian menggunakan commuter line pada malam pergantian tahun dilarang membawa barang atau benda yang mudah terbakar seperti petasan, kembang api, dan benda lainnya yang mudah terbakar. Bagi pengguna yang kedapatan membawa benda-benda tersebut, sesuai aturan akan disita oleh petugas. Jika pengguna tidak bersedia, maka pengguna akan diturunkan di stasiun terdekat.

KAI Commuter mengimbau untuk para pengguna untuk memperhatikan jadwal pemberangkatan comuterline dengan mengakses aplikasi C-Access atau bisa mengakses layanan Media Sosial @commuterline agar tidak tertinggal. Setelah pemberangkatan terakhir maka seluruh lokasi stasiun akan kembali steril guna kepentingan pekerjaan pembersihan dan perawatan fasilitas stasiun sehingga dapat kembali melayani para pengguna esok harinya, untuk itu pengguna dilarang bermalam di stasiun jika jadwal perjalanan commuterline telah habis.