Tentang Kami

Maksud dan Tujuan Perusahaan

Maksud dan Tujuan perusahaan yaitu untuk melakukan usaha di bidang transportasi pada umumnya, khususnya dibidang perkeretaapian dengan menyediakan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat yang meliputi usaha pengangkutan orang dengan kereta api dan usaha non angkutan penumpang dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

tempore et officiis enim

KAI Commuter terus berupaya menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat. Setiap harinya, Commuter Line digunakan oleh sekitar

950.000

orang per hari

Meningkatkan Kualitas Fasilitas

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, KCI terus berupaya memberikan fasilitas terbaik. Kini tiap stasiun terdapat berbagai macam fasilitas seperti toilet yang higienis, tempat makan, posko keamanan, dan lain sebagainya

Visi

Menjadi solusi ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia

Misi

  1. Menyediakan transportasi urban yang mengutamakan keselamatan, keamanan dan efisiensi dengan berbasis digital serta berwawasan lingkungan.
  2. mengembangkan solusi transportasi urban yang terintegrasi melalui investasi sumber daya manusia, teknologi dan operasi serta pemeliharaan.
  3. Memajukan dan menginisiasi pengembangan transportasi urban untuk Indonesia melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan.
  4. Mengembangkan human capital yang mempunyai kompetensi, daya saing unggul, dan dapat menyesuaikan terhadap perubahan.

2023 2023

2023

Pengelolaan Operasional Pelayanan KA Bandara Soekarno Hatta Oleh KAI Commuter

Mulai 1 Januari 2023, pengelolaan operasional pelayanan perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta dialihkan kepada KAI Commuter. Pengalihan ini dilakukan dengan diawali dengan penandatanganan Akta Jual Beli (AJB), Akta Perjanjian Navasi, Pembaharuan dan Pernyataan Kembali atas Perjanjian Kredit Sindikasi atas Bisnis KA Bandara Soekarno Hatta antara PT KAI, PT KCI, PT Railink dan Bank Sindikasi pada Jumat, 30 Desember 2022 di Stasiun BNI City

2022 2022

2022

KAI Commuter Alih Kelola KA Lokal Wilayah 2 Bandung dan Wilayah 8 Surabaya

Mulai April 2022, KAI Commuter ditugaskan PT Kereta Api Indonesia (Persero), untuk mengelola pelayanan perjalanan KA-KA Lokal yang ada di wilayah 2 Bandung dan Wilayah 8 Surabaya. Sebelumnya tahun 2020 lalu KAI Commuter juga ditugaskan untuk mengelola peayanan perjalanan KA Lokal yang ada di wilayah 1 Jakarta (KA Lokal Merak) dan KA Lokal di wilayah 6 Yogyakarta (KA Prambanan Ekspres). Dengan alih kelola ini, diharapkan standar layanan KA Lokal bisa sama dengan layanan Commuterline yang sudah berhasil diterapkan.

2021 2021

2021

Peresmian KRL Yogyakarta - Solo di Stasiun Yogyakarta

1 Maret 2021 Presiden RI Bapak Joko WIdodo meresmikan operasional pelayanan perjalanan Commuterline Yogyakarta – Solo di Stasiun Yogyakarta. Pelayanan perjalanan ini merupakan pelayanan operasional perjalanan kereta komuter berbasis rel listrik yang pertama kali di luar Wilayah Jabodetabek.

2020 2020

2020

Pengelolaan KA Lokal Merak & KA Lokal Prambanan Ekspres

Mulai 1 Oktober 2020 PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mendapatkan penugasan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pengelolaan KA Lokal di Wilayah Daop 1 Jakarta (KA Lokal Merak) dan KA Lokal di wilayah Daop 6 Yogyakarta (KA Lokal Prambanan Ekspres)  

2019 2019

2019

Mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk mengelola uang elektronik

14 November 2019 PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk mengelola uang elektronik  

2018 2018

2018

Pengoperasian perdana Vending Machine Fare Adjustment

8 Januari 2018 Pengoperasian perdana Vending Machine Fare Adjustment, penerapan mekanisme pennnyelararasan kekurangan tarif untuk pengguna Tiket Harian Berjamin (THB) dan penurunan saldo minimum Kartu Multi Trip (KMT).

2017 2017

2017

Pengoperasian Commuterline Rute Jakarta Kota - Cikarang

8 Oktober 2017, Pengoperasian Commuterline rute Jakarta Kota–Cikarang dan pengoperasian layanan naik dan turun pengguna Commuterline di Stasiun Cikarang, Stasiun Cibitung, Stasiun Tambun dan Stasiun Bekasi Timur.  

2016 2016

2016

Peluncuran Aplikasi KRL Access

Peluncuran layanan berbasis aplikasi yaitu KRL Access, yang bisa digunakan pengguna Commuterline sebagai informasi jadwal perjalanan Commuterline, dan Tarif perjalanan 

2015 2015

2015

Penerapan Tarif Progresif Berdasarkan Kilo Meter

1 April 2015 Penerapan tarif progresif berdasarkan Kilo Meter yang dilalui menggantikan tarif per stasiun 

2015 2015

2015

Pengoperasian perdana Commuterline dengan rangkaian Stamformasi (S-12)

16 September 2015 Pengoperasian Commuterline dengan rangkaian Stamformasi (SF-12) perdana pada perjalanan Commuterline Lintas Bogor. Penambahan Stamformasi ini bertujuan untuk menambah daya angkut pengguna Commuterline dalam satu kali perjalanan.

2014 2014

2014

Pengalihan pengelolaan karyawan PT KCJ

15 Januari 2014, Pengalihan pengelolaan awak KA KRL, pegawai Dipo dan PUK KRL menjadi karyawan PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) yang sebelumnya karyawan PT KAI Daop 1 Jakarta

2013 2013

2013

Penerapan sistem e-ticketing yang menggantikan tiket kertas

1 Juli 2013 Penerapan sistem e-ticketing yang menggantikan tiket kertas menjadi 2 jenis tiket elektronik (Smart Card) yaitu Kartu Single Trip (KST) serta Kartu Multi Trip (KMT) 

2011 2011

2011

Implementasi Pola Operasi Loop Line

5 Desember 2011 Implementasi Pola Operasi Loop Line untuk mengurangi pemotongan antar relasi dan menambah kapasitas lintas

2010 2010

2010

Hadirnya Inovasi Kereta Api Khusus Wanita

19 Agustus 2010 Innovasi kereta khusus wanita hadir untuk memenuhi kebutuhan Commuterline, khususnya wanita yang ingin menggunakan Commuterline tanpa berbagi ruang dengan lakilaki. KKW multi berlaku sejak 19 Agustus 2010 dengan kereta pertama dan terakhir dalam setiap rangkaian kereta khusus untuk penumpang wanita.

2009 2009

2009

Program Pertama Pengadaan Sarana Commuterline

23 Maret 2009, pengadaan 8 unit kereta seri 8500 Tokyu sebagai program pertama pengadaan sebagai operasional sarana PT KCJ. 

2008 2008

2008

Resmi menjadi anak perusahaan PT KERETA API INDONESIA (Persero)

15 September 2008 PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) resmi menjadi anak perusahaan PT KERETA API INDONESIA (Persero)

Dimulai dengan pembentukan Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek oleh PT KAI (Persero), yang terpisah dari PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta.

Setelah pemisahan ini, pelayanan Commuterline di wilayah Jabotabek berada di bawah PT KAI (Persero) Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek sementara pelayanan KA jarak jauh yang beroperasi di wilayah Jabodetabek berada di bawah PT KAI Daop 1 Jakarta.

2023

Pengelolaan Operasional Pelayanan KA Bandara Soekarno Hatta Oleh KAI Commuter

2022

KAI Commuter Alih Kelola KA Lokal Wilayah 2 Bandung dan Wilayah 8 Surabaya

2021

Peresmian KRL Yogyakarta - Solo di Stasiun Yogyakarta

2020

Pengelolaan KA Lokal Merak & KA Lokal Prambanan Ekspres

2019

Mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk mengelola uang elektronik

2018

Pengoperasian perdana Vending Machine Fare Adjustment

2017

Pengoperasian Commuterline Rute Jakarta Kota - Cikarang

2016

Peluncuran Aplikasi KRL Access

2015

Penerapan Tarif Progresif Berdasarkan Kilo Meter

2015

Pengoperasian perdana Commuterline dengan rangkaian Stamformasi (S-12)

2014

Pengalihan pengelolaan karyawan PT KCJ

2013

Penerapan sistem e-ticketing yang menggantikan tiket kertas

2011

Implementasi Pola Operasi Loop Line

2010

Hadirnya Inovasi Kereta Api Khusus Wanita

2009

Program Pertama Pengadaan Sarana Commuterline

2008

Resmi menjadi anak perusahaan PT KERETA API INDONESIA (Persero)