Layanan

Panduan

Sejumlah peraturan dalam menghadapi tatanan normal baru bagi pengguna Commuterline dapat disimak melalui tautan berikut

Button download

  • Memberikan tempat duduk/tempat duduk prioritas kepada pengguna jasa yang berhak dan lebih membutuhkan
  • Tidak berbicara dengan suara kencang/berteriak/mendengarkan musik dengan suara keras yang dapat menyebabkan terganggunya kenyamanan pengguna jasa lainnya
  • Tidak berlarian di dalam commuterline
  • Mendahulukan pengguna jasa yang akan turun dari commuterline terlebih dahulu sebelum naik ke dalam commuterline
  • Antre dengan tertib

Pnp turun

KEBIJAKAN PRIVASI C-ACCESS

 

Mulai dari 13 September 2022, kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana KCI (PT Kereta Commuter Indonesia dan afiliasi-afiliasinya, atau “Kami”) melindungi terhadap perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, penyebarluasan, dan pemusnahan Informasi Pribadi anda melalui penggunaan produk (“Aplikasi”) dan layanan lainnya milik Kami yang dioperasikan menggunakan Aplikasi C-Access. Informasi Pribadi adalah data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya.

 

Kami akan melakukan perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, penyebarluasan, dan pemusnahan  Informasi Pribadi adalah data perseorangan  anda sesuai dengan persetujuan terlebih dahulu dari anda. Kebijakan Privasi ini berlaku apabila anda menggunakan layanan Aplikasi, atau bagian apa pun dari Aplikasi.

Mohon agar dapat dibaca mengenai pengaturan Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan anda memahami bagaimana proses pengolahan data Kami. Kecuali didefinisikan lain, semua istilah dengan huruf kapital yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama dengan yang tercantum dalam Ketentuan Penggunaan.

 

Kebijakan Privasi ini mengatur jenis-jenis informasi yang dipergunakan:

  • Pengumpulan Informasi Pribadi
  • Penggunaan Informasi Pribadi
  • Perbaikan, Perubahan dan Pengungkapan Informasi Pribadi
  • Penyimpanan dan Perlindungan Informasi Pribadi
  • Persetujuan
  • Hak Anda Terhadap Informasi Pribadi
  • Hubungi Kami

 

Kami mengumpulkan informasi yang mengindentifikasi orang atau perangkat pada saat anda melakukan aktivitas pada Aplikasi Kami dan ketika anda melengkapi profil pengguna. Kami dapat mengumpulkan Informasi Pribadi, termasuk namun tidak terbatas pada nama Anda, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat e-mail, jenis kelamin, dan informasi identifikasi lainnya jika diperlukan, identifikasi (termasuk KTP, SIM, atau Paspor) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah.

 

Informasi yang Kami kumpulkan dari anda atau perangkat seluler atau dari sumber lain yang terdiri dari:

  • mitra bisnis Kami;
  • sumber data yang tersedia untuk umum atau pemerintah; dan

 

Informasi yang Kami kumpulkan setiap kali anda menggunakan Aplikasi yaitu:

  • setiap kali anda menggunakan Aplikasi melalui perangkat seluler, Kami akan melacak dan mengumpulkan informasi lokasi geografis anda dalam waktu sebenarnya. Dalam beberapa hal anda akan diminta atau diharuskan untuk mengaktifkan Global Positioning System (GPS) pada perangkat seluler anda untuk memungkinkan Kami agar dapat memberitahukan informasi yang lebih baik dalam menggunakan Aplikasi.
  • jika anda menggunakan dan/atau ketika pembayaran atau transfer dilakukan melalui fasilitas uang elektronik dan/atau dompet elektronik yang disediakan oleh Kami.
  • ketika anda menggunakan Aplikasi Kami, informasi tertentu juga dapat dikumpulkan secara otomatis dengan menggunakan cookiesCookies adalah berkas data kecil yang tersimpan pada perangkat seluler anda. Kami menggunakan cookies untuk melacak aktivitas pengguna dengan tujuan untuk meningkatkan antarmuka dan pengalaman pengguna. Sebagian besar perangkat seluler mendukung penggunaan cookies; namun anda dapat menyesuaikan pengaturan pada perangkat seluler anda untuk menolak beberapa jenis cookies atau cookies spesifik tertentu. Perangkat seluler anda juga memungkinkan anda untuk menghapus cookies apa pun yang sebelumnya telah tersimpan. Namun demikian, hal itu dapat mempengaruhi fungsi-fungsi yang tersedia pada Aplikasi Kami.
  • setiap kali anda menggunakan Aplikasi Kami, Kami dapat mengumpulkan data teknis tertentu sehubungan dengan penggunaan anda seperti, alamat protokol internet, durasi setiap kunjungan/sesi, dan mobile advertising ID dan informasi perangkat lainnya termasuk informasi mengenai produsen, model, dan sistem operasi dari perangkat yang anda gunakan untuk mengakses Aplikasi Kami.

 

Informasi Pribadi

 

Beberapa Informasi Pribadi anda yang Kami kumpulkan mungkin termasuk Informasi yang berkaitan dengan identitas nasional, dan data biometrik, sebagaimana berlaku. Kami mengumpulkan Informasi Pribadi anda hanya dengan persetujuan anda dan/atau sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika anda diminta untuk memberikan dokumentasi atau informasi apa pun kepada Kami untuk tujuan apa pun yang mungkin berisi Informasi Pribadi anda tersebut (yang tidak diperlukan untuk tujuan itu), anda setuju untuk menyunting Informasi Pribadi anda tersebut sebelum memberikan dokumentasi atau informasi tersebut kepada Kami.

Kami menggunakan Informasi Pribadi anda untuk tujuan sebagai berikut. (“Tujuan”) Selain itu Kami dapat menggunakan Informasi Pribadi anda untuk tujuan lain yang diizinkan peraturan perundang-undangan yang berlaku:

Informasi Pribadi anda akan kami gunkan untuk meningkatkan Layanan Aplikasi Kami, hal ini termasuk penggunaan sebagai berikut:

 

Informasi Pribadi anda yang Kami kumpulkan untuk tujuan sebagai berikut maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (“Tujuan”):

  • Untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan anda sebagai pengguna dan untuk mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun anda;
  • Untuk memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan sebelum penyedia layanan memberikan layanan kepada anda atau sebelum Kami mendaftarkan anda sebagai pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan;
  • Memungkinkan mengundang anda untuk berpartisipasi dalam survei pengembangan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi anda sebagai pengguna aplikasi;
  • Untuk memfasilitasi pentautan akun dan/atau wallet, jika Anda akan melakukan atau mengaktifkan pentautan akun dan/atau wallet antara akun C-Access dengan platform pihak ketiga;
  • Untuk berkomunikasi dengan anda dan mengirimkan anda informasi sehubungan dengan penggunaan Aplikasi;
  • Memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Aplikasi;
  • Melakukan pengolahan dan menanggapi pertanyaan dan saran yang diterima dari anda;
  • Memberitahu anda mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;
  • Mengolah dan memfasilitasi pesanan dan transaksi pembayaran yang anda lakukan;

 

Kami dapat melakukan pengungkapan dan memberikan akses Informasi Pribadi anda untuk berbagai keperluan. Berikut ini detail yang tujuan lain yang akan Kami ungkapkan yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku:

  • apabila anda memiliki akun dengan Kami, anda dapat mengakses, memperbaiki dan atau mengubah sendiri Informasi Pribadi anda yang saat ini Kami miliki atau kendalikan melalui halaman Pengaturan Akun di Aplikasi. Untuk melindungi privasi dan keamanan anda, Kami akan memverifikasi identitas anda sebelum memberikan akses atau melakukan perubahan pada Informasi Pribadi anda. Kami akan berusaha menjawab permintaan untuk akses atau perbaikan Informasi Pribadi anda sesegera mungkin, kecuali berlaku pengecualian.
  • Kami berhak menolak permintaan anda untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Informasi Pribadi anda yang Kami miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan dimana Informasi Pribadi anda tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau dimana permintaan untuk mengakses, memperbaiki dan/atau membetulkan adalah untuk alasan yang Kami anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.
  • jika disyaratkan atau diotorisasikan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan terkait regulasi, penyelidikan atau pedoman, atau mematuhi persyaratan atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan berdasarkan undang-undang), untuk tujuan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • apabila terdapat proses hukum dalam bentuk apapun antara anda dengan Kami, atau antara anda dengan pihak lain, sehubungan dengan, atau terkait dengan layanan, untuk keperluan proses hukum tersebut;
  • terhadap Informasi Pribadi anda sebagai pelanggan, Kami tidak akan melakukan penjualan atau menyewakan Informasi Pribadi anda;
  • selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, Kami dapat mengungkapkan dan membagikan Informasi Pribadi anda jika kami memberitahu anda dan kami telah memperoleh persetujuan anda untuk pengungkapan atau pembagian tersebut.

 

Kerahasiaan Informasi Pribadi anda adalah hal yang terpenting bagi Kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data dan Informasi Pribadi anda dari akses, pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa. Namun, pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walau Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Informasi Pribadi anda, anda mengakui bahwa Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Informasi Pribadi anda apa pun yang anda kirimkan melalui internet, atau menjamin bahwa Informasi Pribadi anda tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Kami. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Akun anda, termasuk kata sandi anda dengan siapapun dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang anda gunakan.

 

Informasi Pribadi anda hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami akan berhenti menyimpan Informasi Pribadi anda, atau menghapus maksud dari dikaitkannya Informasi Pribadi anda tersebut dengan anda sebagai individu, segera setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan Informasi Pribadi anda tersebut tidak lagi dibutuhkan dengan menyimpan Informasi Pribadi anda dan penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan bisnis atau secara hukum.

 

  • Dengan membaca seluruh ketentuan ini, mengakses dan menggunakan platform serta layanan Kami, maka anda dianggap menyatakan telah membaca, memahami, menyetujui, dan menyatakan tunduk pada aturan Kebijakan Privasi ini beserta perubahan-perubahan yang mungkin Kami lakukan dari waktu ke waktu. Apabila anda tidak dapat menyetujui aturan Kebijakan Privasi ini, baik secara keseluruhan ataupun sebagian, maka anda tidak dapat untuk mengakses Aplikasi ini ataupun menggunakan layanan yang Kami sediakan.
  • Dalam keadaan dimana anda memberikan kepada kami Informasi Pribadi anda yang berkaitan dengan individu lain (seperti Informasi Pribadi yang berkaitan dengan pasangan anda, anggota keluarga, teman, atau pihak lain), anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Informasi Pribadi mereka oleh Kami.

 

Kami memberikan hak kepada anda berkaitan dengan Informasi Pribadi sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku, dengan detail sebagai berikut:

  • meminta perbaikan dan/atau penghapusan Informasi Pribadi anda;
  • meminta pembatasan atau menolak pemrosesan Informasi Pribadi anda;
  • menanyakan perihal pemrosesan Informasi Pribadi anda dan diberikan salinan;
  • mengajukan komplain kepada otoritas privasi data yang relevan jika hak privasi data anda dilanggar, atau jika anda menderita kerugian sebagai akibat dari pemrosesan Informasi Pribadi anda yang melanggar hukum.

 

Setelah anda memilih untuk memberikan persetujuan anda, kami mungkin dapat terus memproses Informasi Pribadi anda sejauh yang diperlukan atau diizinkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku.

 

Kami akan menyaring dan memverifikasi semua permintaan sebelumnya. Untuk memverifikasi identitas dan/atau wewenang anda untuk mengajukan permintaan, kami mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi atau dokumentasi pendukung untuk menguatkan permintaan tersebut. Setelah diverifikasi, kami akan memberlakukan permintaan anda dalam batas waktu yang ditentukan oleh hukum yang berlaku.

 

Jika anda memiliki pertanyaan atau permintaan apa pun yang berkaitan dengan Kebijakan Privasi ini, harap hubungi Petugas Perlindungan Data Kami di detail berikut ini, atau orang yang mungkin ditunjuk oleh PT Kereta Commuter Indonesia dengan memberikan informasi kepada anda melalui:

 

Call Center KCI                      : 121 / 021 – 121

E-mail Layanan Pelanggan    : commuter.care@krl.co.id

Larangan Saat Menggunakan Commuterline

Syarat naik commuterline
  • Melakukan kegiatan komersial di seluruh area stasiun dan di dalam Commuterline tanpa izin
  • Minum minuman keras dan/atau mabuk selama berada di lingkungan stasiun dan/atau berada di dalam Commuterline
  • Merokok di dalam Commuterline dan di seluruh area stasiun (kecuali di tempat yang telah ditetapkan sebagai area merokok)
  • Membawa barang bawaan yang melanggar ketentuan
  • Duduk di lantai dan/atau menggunakan kursi lipat di dalam Commuterline
  • Membuang sampah/kotoran tidak pada tempat yang disediakan, baik di stasiun maupun di dalam Commuterline
  • Melakukan kegiatan yang menimbulkan keributan serta mengganggu ketertiban dan kenyamanan pengguna jasa lain di lingkungan stasiun dan di dalam Commuterline
  • Makan/minum di dalam Commuterline
  • Mencuri/mengambil/menghilangkan/merusak aset atau peralatan Commuterline dan stasiun
  • Melakukan tindakan vandalisme
  • Meludah dan mengotori area stasiun dan di dalam Commuterline
  • Mengemis dan meminta sumbangan dalam bentuk apapun di lingkungan stasiun dan di dalam Commuterline tanpa izin
  • Tidur di dalam Commuterline dengan cara merebahkan seluruh badan di kursi dan/atau menaikkan sebagian kaki atau seluruh kaki ke kursi sehingga mengganggu kenyamanan pengguna jasa lainnya
  • Melakukan perbuatan yang melanggar norma kesusilaan
  • Berada di sambungan Commuterline
  • Menggunakan handgrip Commuterline untuk bermain/bergelantungan/bergelayutan/berayunan
  • Membuka jendela, pintu, menarik tuas darurat dan mengoperasikan rem darurat selama perjalanan Commuterline kecuali dalam keadaan darurat dengan berdasarkan prosedur keselamatan di dalam Commuterline
  • Masuk/berada di kabin masinis Commuterline tanpa izin tertulis
  • Berada di Kereta Khusus Wanita bagi pengguna jasa berjenis kelamin laki-laki, kecuali balita/anak-anak
  • Melakukan kegiatan yang mengandung unsur poitik dan SARA di area stasiun maupun di dalam Commuterline

1.    Syarat-syarat Bagasi Tangan:

  • Barang bagasi tangan harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu atau membahayakan pengguna jasa lain dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada Commuterline
  • Ukuran bagasi tangan yaitu 40 cm x 30 cm x 100 cm dan sepeda lipat tanpa motor
  • Setiap pengguna jasa diperbolehkan membawa bagasi tangan sebanyak maksimal 2 (dua) bagasi tangan
  • Bagi pengguna jasa dengan disabilitas dapat menggunakan kursi roda di dalam Commuterline
  • Bagi pengguna jasa yang membawa bayi dan menggunakan kereta bayi dapat membawa kereta bayi tersebut ke dalam Commuterline


2.    Yang Tidak Diperbolehkan Untuk Dibawa Penumpang di Area Stasiun ke Dalam Commuterline:

  • Semua barang yang mudah terbakar, mudah meledak, atau jika terjadi kebakaran dapat memperbesar bahaya bagi sekitarnya dan barang-barang yang sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan berbau menyengat
  • Barang-barang yang menurut pertimbangan petugas karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan
  • Membawa binatang
  • Barang-barang yang pengangkutannya dilarang Undang-Undang


3.    PT KCI Tidak Bertanggung Jawab Atas Kehilangan atau Kerusakan Atas Barang yang Dibawa Oleh Pengguna Jasa

Bagasi

Apa Itu Asuransi Kecelakaan?

Kecelakaan adalah hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itulah kepada para pengguna maupun calon pengguna Commuterline diminta untuk selalu berhati-hati saat akan, sedang dan baru saja menggunakan Commuterline, Namun demikian, bila musibah tidak dapat dihindari, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana prosedur untuk memperoleh asuransi kecelakaan. Berikut ini adalah prosedur umum dalam mengurus asuransi yang dikeluarkan oleh PT Asuransi Jasa Raharja. 

Bila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi stasiun terdekat dari tempat terjadinya musibah kecelakaan. Anda bisa menemui Kepala Stasiun untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai prosedurnya.


Prosedur Santunan

1. Cara memperoleh santunan adalah sebagai berikut:

  • Menghubungi Kantor Jasa Raharja terdekat
  • Mengisi formulir pengajuan dengan melampirkan :
    • Keterangan kecelakaan Lalu Lintas dari Kepolisian dan atau dari instansi berwenang lainnya. Untuk PT Kereta Api (Persero), surat keterangannya adalah dalam bentuk telegram yang dikeluarkan oleh kepala stasiun terdekat dari lokasi terjadinya kecelakaan.
    • Keterangan kesehatan dari dokter / RS yang merawat.
    • KTP / Identitas korban / ahli waris korban.
    • Formulir pengajuan diberikan Jasa Raharja secara cuma-cuma

2. Bukti lain yang diperlukan

  • Dalam hal korban luka-luka, Kuitansi biaya rawatan dan pengobatan yang asli dan sah.
  • Dalam hal korban meninggal dunia, Surat kartu keluarga / surat nikah (bagi yang sudah menikah)

3. Ketentuan lain yang perlu diperhatikan

  • Jenis Santunan
    • Santunan berupa penggantian biaya rawatan dan pengobatan (sesuai ketentuan)
    • Santunan kematian
    • Santunan cacat tetap
  • Ahli Waris
    • Janda atau dudanya yang sah.
    • Anak-anaknya yang sah.
    • Orang tuanya yang sah
  • Kadaluarsa Hak santunan menjadi gugur / kadaluwarsa jika :
    • Permintaan diajukan dalam waktu lebih dari 6 bulan setelah terjadinya kecelakaan.
    • Tidak dilakukan penagihan dalam waktu 3 bulan setelah hak dimaksud disetujui oleh jasa raharja


Jumlah Santunan

Besarnya santunan yang diterima korban ataupun ahli warisnya sebagaimana disebutkan dalam UU No 33 & 34 tahun 1964, dan telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No 36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008 adalah sebagai berikut:

Santunan


Dasar Hukum Pelaksanaan Asuransi

  • UU No.33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang jo. PP No.17 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.
  • UU No.34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan jo. PP No.18 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.
* Sumber: PT Jasa Raharja


SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA KA BANDARA SOEKARNO-HATTA

  1. Pengguna KA dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta disarankan sudah tiba di stasiun tujuan minimal 2 (dua)  jam sebelum jadwal penerbangan (khusus Penerbangan Internasional, minimal 3 (tiga) jam sebelum Jadwal Penerbangan);
  2. Pengguna dapat memasuki Peron Keberangkatan 5 (lima) menit sebelum Jadwal Keberangkatan KA Bandara Soekarno-Hatta yang tertera di tiket/e-tiket;
  3. Tiket/E-Ticket KA Bandara hanya dapat digunakan sesuai dengan data yang tertera pada tiket (Jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta, Tanggal Berangkat, Stasiun Asal dan Stasiun Tujuan). Tiket juga merupakan sebagai akses masuk serta keluar gerbang di stasiun keberangkatan dan kedatangan;
  4. Apabila Pengguna turun di Stasiun yang tidak sesuai dengan Stasiun Tujuan dalam Tiket/ E-Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta, tidak diperkenankan mengakses Gerbang Kedatangan dan akan didampingi Petugas untuk naik KA Bandara Soekarno-Hatta berikutnya (dengan mempertimbangkan ketersediaan kursi di perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta berikutnya) menuju stasiun sesuai dengan Stasiun Tujuan yang tertera dalam Tiket/E-Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta;
  5. Pengguna dengan usia di atas 3 (tiga) tahun dan atau tinggi badan diatas 90 (Sembilan puluh) cm diwajibkan memiliki  Tiket/E-Tiket KA Bandara;
  6. Ketentuan barang bawaan pengguna dibatasi dengan ukuran berat maksimum 20 kg, panjang maksimum 60 cm dan atau tinggi maksimum 150 cm serta lebar maksimum 60 cm;
  7. Tarif Tiket/E-Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta sudah termasuk asuransi Pengguna;
  8. Kehilangan dan atau kerusakan fisik Tiket/E-Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta sepenuhnya adalah tanggung jawab Pengguna;
  9. Pengguna KA Bandara dengan barang bawaan berlebih diluar KRL kententuan dapat menggunakan KRL;
  10. Pembatalan Tiket :
    1. Dapat dilakukan melalui melalui offline channel (mesin tiket otomatis) atau online channel (laman pemesanan/aplikasi) dengan ketentuan maksimum 30 (tiga puluh) menit sebelum Jadwal Keberangkatan yang telah dipilih;
    2. Dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari Harga Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta dengan pengembalian bea (refund) maksimum 30 (tiga puluh) Hari Kerja setelah dilakukan pembatalan Tiket/E-Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta;
    3. Pembelian Tiket KAI Bandara melalui kanal eksternal (Agen konvensional dan online travel) akan diberikan penggantian berupa voucher Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta senilai Harga tersebut;
    4. Tiket Promo tidak dapat dibatalkan;
  11. Dalam keadaan kahar/darurat operasional:
    1. Pembelian Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta melalui channel internal  PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) (offline dan online channel) akan diberikan pengembalian dan (refund) tanpa dikenakan biaya administrasi;
    2. Pembelian Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta melalui kanal eksternal (Agen konvensional dan online travel) akan diberikan penggantian berupa voucher Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta senilai Harga tersebut;
    3. Tiket yang tertera dalam pembelian dengan masa berlaku 30 (tiga puluh) hari setelah terjadinya keadaan kahar/darurat operasional;
    4. PT Kereta Commuter Indonesia hanya bertanggung jawab atas penggantian/pengembalian dana atas Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta;
  12. Resiko lainnya yang timbul disebabkan oleh pembelian Tiket/E-Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta yang tidak sesuai dengan ketentuan diatas, sepenuhnya adalah tanggung jawab Pengguna;