Kembali

Menjelang SO ke-7, 9 ribu Orang Per Hari Mengakses Pintu Keluar Masuk Pada Bangunan Baru Sisi Timur Stasiun Manggarai

Proses pengembangan pembangunan Stasiun Manggarai sudah memasuki tahap akhir. Penyesuaian-penyesuaian layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai juga terus dilakukan. Saat ini, dalam persiapan pelaksanaan Switch Over (SO) ke-7 di Stasiun Manggarai, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan bersama KAI Commuter juga melakukan penyesuaian akses flow pengguna.

Setelah menyelesaikan pembangunan, pengoperasian bangunan baru dan gedung sisi kiri dari arah timur Stasiun Manggarai, mulai Sabtu 9 Desember 2023 kemarin akses pintu keluar masuk pengguna dari sisi timur stasiun dialihkan seluruhnya melalui bangunan baru ini. 

Sebelumnya pada akses keluar masuk yang lama, pengguna harus melintas pada jalur kereta aktif untuk menuju lantai 1 dan 2 bangunan baru Stasiun Manggarai.

Pengoperasian akses keluar masuk pengguna dari sisi timur stasiun ini untuk memastikan keselamatan dan meningkatkan kenyamanan pengguna karena tidak lagi harus melintas pada jalur kereta untuk menuju peron keberangkatan Commuter Line. 

Pengguna dari arah timur stasiun bisa melewati koridor luar bangunan asli stasiun Manggarai untuk menuju bangunan sisi kiri. 

Selain itu, akses keluar masuk pengguna ini juga sudah tersambung dengan koridor menuju layanan transportasi umum lainnya.

Setelah melalui bangunan sisi kiri stasiun, alur pengguna yang akan menggunakan Commuter Line di Stasiun Manggarai dari arah timur Stasiun Manggarai harus naik terlebih dahulu ke lantai 1 stasiun untuk menuju peron keberangkatan Commuter Line seperti yang berlaku sekarang ini. 

Peron 6-7 dan 8 untuk menggunakan Commuter Line Cikarang. Sedangkan untuk menggunakan Commuter Line Bogor masih menggunakan peron 10-11 dan 12-13.

Selain itu, untuk melayani pengguna di bangunan di sisi kiri Stasiun Manggarai ini KAI Commuter menyiapkan 9 unit gate elektronik untuk proses tap-in dan tap-out pengguna Commuter Line, loket dan 2 unit C-VIM untuk proses pembelian tiket, juga tersedia fasilitas eskalator, musala dan toilet difabel. 

Di samping itu, KAI Commuter juga menyiapkan petugas untuk membantu pangaturan alur pengguna.

Sementara itu, KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna yang masuk di Stasiun Manggarai sebanyak 16 ribu orang setiap hari kerjanya dan 13 ribu orang setiap hari libur. 

Dari jumlah itu, sebanyak 9 ribu orang per hari naik dari bangunan baru sisi kiri stasiun. Sedangkan rata-rata volume transit di Stasiun Manggarai sebanyak 172.751 orang per harinya.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai untuk memperhatikan kembali akses keluar masuk yang baru dari timur stasiun. Selalu dengarkan informasi dan ikuti arahan dari petugas di stasiun.

KAI Commuter berharap dengan pengoperasian bangunan baru Stasiun Manggarai ini dapat meningkatkan keselamatan, kenyamanan dan layanan integrasi antar moda. KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna untuk menjaga fasilitas-fasilitas layanan yang tersedia dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi vandalisme.