Kembali

Tren Rata-rata Volume Pengguna Terus Naik, KAI Commuter Optimalkan Pelayanan di Bangunan Baru Stasiun Bekasi

Hari Senin senantiasa menjadi hari dengan jumlah pengguna tertinggi di layanan Commuterline Jabodetabek. Menurut data yang tercatat pada awal Minggu kedua pada Senin (10/10) lalu, jumlah pengguna yang naik commuterline mencapai 784 ribu lebih pengguna. Sementara itu pada hari Minggu sebelumnya (9/10), tercatat sebanyak 534.773 orang.

Volume pengguna pada hari-hari kerja sepanjang bulan Oktober ini juga mengalami tren kenaikan. Rata-rata pengguna pada Minggu pertama bulan Oktober sebanyak 749.295 orang perhari dengan pengguna tertinggi pada Senin, 3 Oktober lalu yaitu sebanyak 733.494 orang. Sedangkan pada Minggu kedua, rata-rata sebesar 754.204 orang perhari, atau lebih besar 1%.

Sesuai data tersebut, KAI Commuter menghimbau para pengguna memanfaatkan hari Minggu ini untuk kembali ke wilayah tempatnya beraktifitas selama hari kerja. Saat ini KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.081 perjalanan commuterline Jabodetabek per hari yang dimulai pukul 04.00-24.00 WIB.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada para penggunannya, KAI Commuter mulai Sabtu 15 Oktober 2022 kemarin mulai mengoperasikan loket baru di Stasiun Bekasi. Para pengguna yang akan membeli tiket commuterline atau melakukan isi ulang Kartu Multi Trip (KMT) mulai Sabtu kemarin, untuk melakukan transaksi di alihkan ke bangunan loket baru stasiun di lantai 1 bangunan baru.

Bangunan loket baru ini menggantikan bangunan loket lama yang berada di lantai dasar dari pintu masuk sisi Selatan dari arah Jl. Juanda. Sebelumnya KAI Commuter juga telah mengoperasikan hall lantai 1 di sisi Utara untuk akses flow pengguna yang akan masuk dan keluar stasiun dari arah Jl. Perjuangan.

Pengoperasian akses flow pengguna di hall lantai 1 sisi Utara stasiun dari arah Jl. Perjuangan ini juga dilakukan untuk menjamin keselamatan pengguna di Stasiun Bekasi, yang sebelumnya jika akan bertansaksi di loket dan akan masuk ke area peron stasiun harus menyebrangi jalur rel.

Stasiun Bekasi ini sendiri merupakan salah satu stasiun tersibuk di wilayah operasional commuterline, dengan rata-rata pengguna saat ini sebanyak 23.142 orang per hari dan melayani 285 perjalanan commuterline per hari. Stasiun ini tidak hanya melayani perjalanan commuterline saja, tapi juga melayani beberapa pelayanan naik dan turun pengguna kereta antar kota.

Mengingat beberapa hari terakhir di wilayah Jabodetabek turun hujan, KAI Commuter mengingatkan pengguna untuk membawa payung, jas hujan, dan tidak menggunakan alas kaki yang licin. Petugas kebersihan selalu siaga membersihkan stasiun dan kereta apabila terdapat genangan air dan lantai yang licin.