Kembali

Catat Rekor Volume Pengguna Harian, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta Layani Hampir 47 Ribu Pengguna Pada H +2 Lebaran 2024 - Stasiun Yogyakarta tercatat sebagai stasiun pemberangkatan dan kedatangan pengguna Commuter Line terbanyak

Yogyakarta – Masa Angkutan Lebaran 2024 kemarin mulai 31 MAret – 21 April 2024 telah dilaksanakan dengan sukses. Selama periode tersebut, di Wilayah 6 Yogyakarta, KAI Commuter mencatat tren kenaikan volume pengguna Commuter Line Yogya-Palur dan Commuter Line Prameks. Total pengguna Commuter Line di wilayah ini tercatat 576.619 orang. 

“Angka tersebut meningkat sebesar 16% jika dibandingkan dengan total volume Masa Angkutan Lebaran 2023 yaitu sebanyak 495.230 orang,” tegas Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto.  

Untuk volume pengguna Commuter Line Yogya-Palur tercatat sebanyak 501.065 orang semasa masa periode tersebut, angka tersebut juga mengalami kenaikan sebesar 16% jika dibandingkan dengan volume pengguna pada Masa Angkutan Lebaran 2023 kemarin yaitu sebanyak 431.994 orang.

Sedangkan untuk volume pengguna Commuter Line Prameks selama periode angkutan Lebaran tersebut sebanyak 75.554 orang atau lebih tinggi 19% dari volume pengguna pada tahun lalu yaitu sebanyak 63.236 orang.    

Asdo juga menyampaikan, selama masa angkutan Lebaran 2024 kemarin, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta mencatat rekor baru volume pengguna harian tertinggi pada 13 April 2024 lalu atau H+2 Lebaran. “Tercatat volume pengguna harian tertinggi yaitu sebanyak 46.811 orang," tambah Asdo. Angka tersebut tercatat pada pengguna Commuter Line Yogya-Palur yaitu sebanyak 40.729 orang dan Commuter Line Prameks sebanyak 6.082 orang, masing-masing terjadi di tanggal 13 April 2024. 

Selain itu, Stasiun Yogyakarta juga tercatat sebagai stasiun pemberangkatan dan kedatangan pengguna Commuter Line terbanyak, masing-masing berjumlah 143.770 orang dan 143.903 orang pengguna. Sementara itu Stasiun Lempuyangan mencatat volume kedatangan sebanyak 61.858 orang dan sebanyak 58.902 pengguna yang naik dari stasiun tersebut.

Dalam antisipasi tren peningkatan volume pengguna tersebut, selama masa angkutan Lebaran 2024 kemarin KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta menambahkan sebanyak 6 jadwal perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur menjadi 30 perjalanan, dan 4 jadwal perjalanan Commuter Line Prameks menjadi 12 perjalanan per harinya.

Sementara itu, selama masa angkutan Lebaran 2024 ini, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga mencatatkan rata-rata ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan seluruh perjalanan Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta. Rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line Yogya-Palur sebesar 97% dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 90%. Sedangkan untuk rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line Prameks sebesar 83% dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 94%.

Selama Masa Angkutan Lebaran 2024 kemarin, KAI Commuter juga terus meningkatkan layanan kepada penggunanya. KAI Commuter menyediakan fasilitas air minum gratis di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Palur. Selain itu untuk meningkatkan kenyamanan pengguna di Stasiun Yogyakarta juga disediakan fasilitas toilet portable dan perluasan musala, serta menambahkan layanan pos kesehatan di Stasiun Palur dan petugas layanan Customer Service untuk layanan pengguna di stasiun.

Keberadaan transportasi publik khususnya kereta api Commuter Line pada masa angkutan Lebaran sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mempermudah mobilisasi antar kota, dengan keunggulan harga tiket yang terjangkau, jarak tempuh yang terprediksi serta dapat terhindar dari kemacetan di jalan.

“KAI Commuter menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna Commuter Line dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak seperti Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, POLRI, Komunitas Pencinta kereta serta semua pihak yang membantu mensukseskan Angkutan Lebaran 2024 ini terlaksana dengan baik," tutup Asdo.