Kembali

Dukung Integrasi Antar Moda, Menteri Perhubungan Resmikan Skybridge Bojonggede

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Skybridge Bojonggede pada Sabtu, (9/12) yang telah selesai pembangunannya oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Sebelumnya Skybridge Bojonggede yang telah dioperasikan secara penuh pada Jumat 8 Desember kemarin, yang merupakan konektivitas intergrasi antar moda bagi masyarakat di wilayah Bojonggede

Skybridge Bojonggede ini menghubungkan layanan perjalanan Commuter Line dan layanan Angkutan Perkotaan di Stasiun dan Terminal Bojonggede. Sebagai konektivitas pengguna yang turun di Stasiun Bojonggede dan akan melanjutkan perjalanannya menggunakan Angkutan Perkotaan di Terminal Bojonggede ataupun sebaliknya dapat mengakses skybridge ini. 

Selain menjadi fasilitas layanan integrasi antar moda, skybridge ini juga merupakan akses keluar masuk menuju Stasiun Bojonggede dari sisi barat atau dari arah Terminal Bojonggede dan Jl. Raya Bojonggede. Dengan pengoperasian skybridge Bojonggede maka akses keluar-masuk pengguna Commuter Line melalui pintu selatan ditutup dan dialihkan melalui skybridge. 

Diharapkan dengan pengoperasian skybridge ini dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di depan Stasiun Bojonggede. Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor juga memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Stasiun Bojonggede. Ini merupakan kolaborasi seluruh pihak terkait untuk mendukung terciptanya integrasi antar moda dan kemudahan dalam menggunakan transportasi publik.

Tercatat volume pengguna Commuter Line di Stasiun Bojonggede sepanjang 2023 hingga 8 Desember ini diangka 8.789.761 orang, atau rata-rata sebanyak 25.179 orang per harinya. Sementara itu pada hari Senin yang merupakan hari dengan volume tertinggi, tercatat sebanyak 29.382 orang pada Senin 4 Desember kemarin.

Stasiun Bojonggede juga merupakan stasiun ke-4 terpadat dari sepuluh stasiun Commuter Line terpadat sebelum Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Citayam. Sementara itu Stasiun Bekasi, Stasiun Tebet, Stasiun Sudirman, Stasiun Depok Baru, Stasiun Palmerah dan Stasiun Jakarta Kota merupakan sepuluh stasiun terpadat berikutnya.     

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line di Stasiun Bojonggede untuk memperhatikan kembali akses keluar dan masuk yang baru di stasiun. Selalu ikuti arahan dan dengarkan informasi dari petugas di stasiun.

KAI Commuter berharap dengan pengoperasian Skybridge Bojonggede dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan layanan integrasi antar moda. Jagalah selalu fasilitas-fasilitas layanan yang tersedia dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi vandalisme.