Kembali

Empat Belas Hari Pasca SO-5 Manggarai, Stasiun Shelter Matraman Dipersiapkan Untuk Beroperasi

Dua minggu terakhir sejak Sabtu 28 Mei lalu pemberlakukan pola operasi dengan perjalanan KRL yang baru telah berlangsung. Tren pengguna KRL pada hari kerja tercatat sebanyak 5,6 juta lebih orang atau rata-rata 622.952 orang perhari, dengan volume tertinggi pada tanggal 6 Juni lalu yaitu sebanyak 640.286 orang. Sedangkan volume pengguna pada akhir minggu atau hari libur, berdasarkan data yang tercatat sebanyak 2,3 juta lebih orang atau rata-rata 462.249 orang per harinya, dengan volume tertinggi pada tanggal 4 Juni yaitu sejumlah 500.761 orang.

Sementara itu, volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai pada dua minggu terakhir rata-rata sebanyak 135-145 ribu orang. Dengan volume pengguna transit tertinggi pada Senin, 6 Juni lalu sebanyak 144.855 orang. Sedangkan rata-rata volume perhari pengguna KRL yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.423 pengguna, dan rata-rata volume perhari pengguna yang turun sebanyak 12.858 pengguna.

Dalam pelaksanaan SO-5 Manggarai yang sudah berjalan pada dua minggu terakhir ini, KAI Commuter terus melakukan evaluasi-evaluasi terkait peningkatan pelayanan pengguna KRL. Diantaranya mengoptimalisasi peron 8 sebagai peron tujuan ke Bekasi/Cikarang dan perluasan area flow pengguna sebagai pemisahan flow pengguna transit yang akan menuju jalur 8. Mengoperasikan 1.054 perjalanan KRL perhari dan penambahan perjalanan KRL Feeder Tambahan pada jam sibuk pagi dan sore dengan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP sebanyak 12 perjalanan untuk pagi hari dan 6 perjalanan di sore hari, serta perjalanan KRL Feeder Tambahan Manggarai – Bekasi PP pada jam sore hari sebanyak 4 perjalanan.

Evalusi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna juga terus dilakukan. Perbaikan secara menyeluruh untuk fasilitas eskalator dan lift di Stasiun Manggarai yang kemarin sempat terkendala, sehingga saat ini seluruh fasilitas tersebut sudah kembali berfugsi normal. KAI Commuter mengimbau untuk mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift tersebut, serta untuk mengurangi antrean pada saat menggunakan fasilitas eskalator dan lift pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai bisa memanfaatkan tangga manual di hall tengah lantai satu dan tangga gantung yang berada di ujung selatan hall lantai satu.

Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada diantara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara. Stasiun ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di kedua stasiun tersebut serta penguna yang ada di sekitar wilayah stasiun tersebut.

Stasiun Matraman ini memiliki fasilitas pelayanan pengguna seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift dan eskalator serta area parkir. Untuk keamanan dan keselamatan stasiun ini juga dilengkapi juga dengan cctv, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir.

Sebagai persiapan pengoperasian Stasiun Matraman, telah dilakukan uji coba perjalanan KRL, uji coba sistem persinyalan, serta uji coba prasarana-prasarana operasional perjalanan kereta api lainnya oleh KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta. Seluruh fasilitas pelayanan pengguna juga sudah dilengkapi dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik sebelum pengoperasian stasiun ini.

Sebagai informasi, Stasium Matraman ini berlokasi di jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Stasiun ini sangat strategis untuk para pengguna yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai. Sisi Timur stasiun langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta koridor 5. Pengoperasian stasiun ini diharapkan menjadi alternatif pilihan bagi pengguna KRL naik dan turun selain di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

KAI Commuter memohon maaf atas kekurangan yang masih ada dalam pelayanan selama pasca perubahan pola operasi ini. Komitmen perbaikan akan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada para pengguna KRL. Untuk informasi jadwal perjalanan terbaru bisa melihat di website www.krl.co.id dan aplikasi KRL Access atau call center 021-121. Sedangkan untuk memantau kepadatan di area stasiun dan posisi kereta dapat diakses melalui aplikasi KRL Access, sosial media @commuterline.