Kembali

Hindari Kepadatan Senin, Manfaatkan Akhir Pekan Untuk Kembali ke Wilayah Aktivitas Kerjanya

Jakarta - KAI Commuter terus mengajak seluruh pengguna Commuterline untuk mempersiapkan perjalanan sejak awal, mengikuti aturan yang telah ditetapkan dan mematuhi protokol kesehatan selama bercommuter.

Sepanjang bulan Mei ini, tercatat total rata-rata pengguna pengguna Commuterline Jabodetabek pada hari Senin sebesar 778.873 orang. Data tersebut lebih tinggi 56% dibanding rata-rata total pengguna pada libur akhir pekan yaitu sebesar 601.291 orang.

Sementara itu jumlah volume pengguna Commuterline tertinggi pada hari Selasa 2 Mei, dengan jumlah 852.990 orang dan jumlah volume pengguna Commuterline terendah pada Kamis, 18 Mei lalu dengan jumlah 520.349 orang. Sampai dengan hari ini dari awal Mei, KAI Commuter telah melayani 20.195.350 orang pengguna.

Hingga pukul 13.00 WIB, hari ini Minggu (28/5) tercatat pengguna Commuterline yang naik sebanyak 200.848 orang, dengan jumlah pengguna Commuterline terbanyak pada lintas Bogor yaitu sebanyak 67.540 orang ataun sebesar 33,62% dari total pengguna.

KAI Commuter terus mengajak kepada para pengguna untuk menghindari kepadatan antrean di stasiun pada hari Senin sebagai awal masuk kerja usai libur akhir pekan, diharapkan para pengguna Commuterline untuk memanfaatkan libur akhir pekan ini yang lenggang untuk kembali ke jakarta ataupun lokasi wilayah aktifitas kerjanya.

Pergerakan pengguna Commuterline pada hari kerja masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi hari yaitu pada pukul 05.30 – 07.30 WIB serta pada jam-jam sibuk pada sore hari pukul 16.00 – 18.00 WIB. Saat ini KAI Commuter tetap mengoperasikan perjalanan Commuterline sebanyak 1.167 tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB.

Para pengguna dapat mengakses informasi dan jadwal, kepadatan stasiun melalui aplikasi KRL Access dan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) maupun aplikasi barcode yang mendukung pembayaran di Commuterline. Persiapan dan perencanaan perjalanan sangat penting dilakukan terutama pada hari senin esok, mengingat bahwa awal pekan rutin menjadi hari dimana pengguna Commuterline paling banyak pada hari-hari kerja lainnya.

Pada 1 Juni 2023 nanti, KAI Commuter akan memberlakukan GAPEKA 2023 (Grafik Perjalanan Kereta Api) yang mana akan ada penyesuaian perjalanan, kecepatan, waktu tempuh, headway dan penyesuaian lainnya seiring dengan peningkatan prasarana saat ini.

KAI Commuter mengimbau untuk menyesuaikan jadwal perjalanan dengan cermat, mengikuti arahan petugas, menjaga kondisi dan mengutamakan keselamatan. Untuk informasi tentang Commuter Line dapat melalui akun media sosial resmi @commuterline dan kontak center 021 121.