Kembali

KAI Commuter Bersama Bank Mandiri Manandatangani MoU Layanan Aplikasi Untuk Pengguna Commuter Line di Acara MANGKUNEGARAN Garden Orchestra

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang transportasi jasa layanan angkutan penumpang, KAI Commuter terus berinovasi dalam pengembangan teknologi layanan kepada penggunanya. Salah satunya aplikasi “C-Access” yang secara resmi diluncurkan pada Minggu, 3 Desember 2023 di Pura Mangkunegaran.

Pada peluncuran aplikasi C-Access ini, KAI Commuter menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dalam kolaborasi layanan aplikasi C-Access dan aplikasi Livin by Mandiri. Dalam MoU akan dilakukan kerjasama bisnis untuk implementasi digitalisasi sistem pembayaran tiket commuter line.

Nantinya dengan kerja sama ini pengguna Commuter Line dapat melakukan transaksi pembayaran tiket di aplikasi C-Access dengan menggunakan aplikasi Livin by Mandiri. Pengguna aplikasi C-Access juga dapat melakukan isi ulang saldo uang elektronik e-Money dan membuka rekening di Bank Mandiri.

Sementara itu pada pengguna aplikasi Livin by Mandiri juga bisa membeli QT tiket Commuter Line Jabodetabek dan Commuter Line Yogya-Solo. Para pengguna Commuter Line juga bisa melakukan isi ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT) melalui aplikasi Livin by Mandiri.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyampaikan bahwa MoU ini merupakan kolaborasi digitalisasi sebagai meningkatkan layanan Commuter Line. “Dengan MoU ini para pengguna Commuter Line diberikan kemudahkan dalam menggunakan transportasi public khususnya Commuter Line.” Ujar Asdo.

C-Access merupakan super apps rebranding dari Aplikasi KRL Access yang sebelumnya sudah familiar digunakan oleh pengguna Commuter Line. Terdapat pengembangan dan inovasi fitur-fitur terbaru diantaranya pembelikan tiket Commuter Line, Top Up saldo KMT, informasi lokasi stasiun terdekat, pembelian tiket Kereta Bandara, pelayanan PIN Ibu hamil yang seluruhnya memiliki tampilan yang lebih menarik. Kedepannya akan dikembangan pula layanan KRIS sebagai aplikasi pembayaran, aplikasi ini juga sudah memiliki akses kemudahan dalam pemakaian oleh disabilitas. Tutup Asdo.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, langkah kolaborasi ini menjadi bagian dari transformasi digital yang sedang gencar dilakukan oleh KAI Group. Tentunya melalui inovasi dari kerja sama tersebut ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI Group, sekaligus sebagai wujud nyata sinergi BUMN guna memberikan nilai lebih kepada masyarakat pengguna transportasi kereta api.

"Diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi massal kereta api untuk perjalanan komuter ataupun jarak jauh. Sebab, KAI Group berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," kata Didiek.

Pada pergelaran ini juga akan diisi dengan booth stand Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjajakan produk usahanya kepada masyarakat. Untuk memberikan hiburan kepada pengunjung yang hadir di area Pamedan Pura Mangkunegaran, nantinya juga akan menampilkan millennials insan KAI Commuter yang bergabung dalam C-Dance dan C-Choir dan pengisi dari group band setempat yang membawakan lagu-lagu yang familiar dan menampilkan gerak tari dan koreografi yang semangat.

Masyarakat juga bisa datang mulai pagi hari untuk menghadiri rangkaian ini dengan mengunjungi stand UMKM yang disediakan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan apresiasi kepada masyarakat Surakarta khususnya pengguna Commuter Line Yogyakarta. KAI Commuter juga berharap dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi khsusnya para penggiat UMKM.