Kembali

KAI Commuter Layani Kebutuhan Masyarakat pada Masa Natal dan Tahun Baru dengan Tetap Utamakan Protokol Kesehatan

Masa Layanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021/2022) kali ini KAI Commuter bersiap siaga demi kelancaran tahunan tersebut. KAI Commuter tetap melakukan upaya untuk mendukung pemerintah mengendalikan pandemi Covid-19 dengan tetap melayani kebutuhan masyarakat yang hendak menggunakan KRL.

Sesuai arahan dari pemerintah Pusat merujuk pada Addendum Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nomor 24 Tahun 2021 tanggal 11 Desember 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Nataru 2021/2022 Dalam Masa Pandemi Covid-19, maka KAI Commuter akan melakukan sejumlah penyesuaian layanan dan operasional. KRL Commuter Line Jabodetabek pada masa Angkutan Nataru ini tetap akan beroperasi mulai pukul 04:00 WIB hingga 22:00 WIB. KAI Commuter juga tetap mengoperasikan KRL Jabodetabek sebanyak 1.005 perjalanan tiap harinya, dengan total 94 rangkaian KRL.

Untitled

Pada malam pergantian tahun nanti, KAI Commuter tetap mengoperasikan perjalanan KRL hanya sampai pukul 22.00 WIB dan tidak mengoperasikan kereta tambahan malam tahun baru, sama seperti tahun lalu. Ini sejalan dengan aturan pemerintah sebagai upaya menghambat penyebaran virus covid-19. Selama masa Angkutan Nataru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku.

Dalam peringatan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, KAI Commuter ikut memeriahkan perayaan tersebut dengan menghias sembilan stasiun (Stasiun Cikarang, Bekasi, Jatinegara, Manggarai, Juanda, Jakarta Kota, Bogor, Palmerah, dan Stasiun Sudirman) dengan ornamen bertema Hari Natal. KAI Commuter juga menyediakan petugas Passanger Service dengan total 300 petugas untuk pelayanan kepada pengguna KRL di stasiun dan sebagai petugas Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi e-mail: corcom.kci@krl.co.id operator Lost and Found di seluruh Stasiun KRL yang ada di Jabodetabek. Sedangkan untuk Petugas Pelayanan KRL, KAI Commuter menyediakan 378 petugas untuk melayani pengguna di dalam perjalanan KRL.

Untuk memberikan rasa aman bagi pengguna KRL, selama masa Angkutan Nataru 2021/2022 KAI Commuter menyiapkan sebanyak 3.888 personel pengaman yang terdiri dari 1.260 personel Petugas Pengawalan KRL dan 2.628 personel pengamanan stasiun. KAI Commuter juga bekerjasama dengan pengamanan eksternal dari TNI/Polri dengan menugaskan sebanyak 100 personel. Personel pengaman tersebut akan melakukan pengamanan di atas KRL dan stasiun untuk memberikan dan menjamin keamanan pengguna KRL.

Selain pengaturan operasional dan pembatasan kapasitas, pada masa Angkutan Nataru ini KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengguna KRL menggunakan masker ganda, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, serta menjaga jarak. Calon pengguna KRL juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik maupun digital, ataupun memindai kode QR lewat aplikasi Peduli Lindungi kepada petugas. Siapkan persyaratan tersebut sebelum masuk stasiun untuk mempercepat antrean pemeriksaan.

“Kami mengajak pengguna jasa KRL tidak lengah dengan protokol kesehatan pada saat melakukan mobilitas dalam merayakan Natal dan Tahun Baru ini. Tetap disiplin menjalani prokes yang ketat saat naik KRL, utamakan keselamatan, gunakan double masker dan patuhi marka jaga jarak. Minimalkan transaksi tunai dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dan, patuhi aturan serta tata tertib di stasiun maupun KRL,” ucap VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk merencanakan perjalanannya dengan mencari tahu syarat naik KRL, jadwal perjalanan, dan informasi kondisi kepadatan di stasiun. KAI Commuter juga kembali mengingatkan kepada para pengguna bahwa aturan mengenai pembatasan jumlah pengguna yang dapat naik KRL masih berlaku. Petugas akan melakukan penyekatan dan antrean di stasiun bila quota pengguna di dalam KRL sudah terpenuhi. Agar terhindar dari potensi antrean, pengguna dapat melihat informasi kepadatan di stasiun melalui aplikasi KRL Access atau media sosial @commuterline serta gunakan KRL di luar jam-jam sibuk.