Kembali

KAI Commuter Siap Sukseskan Angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya Operasikan 60 perjalanan Commuter Line Tiap Hari

Surabaya - Pada masa Angkutan Lebaran 2024 ini, KAI Commuter telah melakukan persiapan diberbagai aspek demi Keamanan, kelancaran dan kesuksesan masa Angkutan Lebaran ini, kami siap melayani masyarakat dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan dan pelayanan untuk menjadi solusi ekosistem transportasi urban bagi masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru ataupun berlibur. 

Seperti yang disampaikan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub terkait hasil survei terkait Pergerakan Pemudik pada Lebaran Tahun 2024 ini, bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi tujuan mudik lebaran 2024 dengan prediksi sebanyak 37,6 juta pengguna atau sebesar 19,4% dari total pemudik. 

Di wilayah 8 Surabaya, selama masa Angkutan Lebaran KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya dengan mengoperasikaan sarana kereta sebanyak 3 trainset KRD dan 9 rangkaian kereta ekonomi untuk tujuan Surabaya, Malang, Blitar, Kertosono, Cepu, Siduarjo dan sekitarnya.

Diprediksi selama masa Angkutan Lebaran 2024 ini, volume pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya sebanyak 930.853 orang atau lebih besar 13% dari total volume pengguna yang tercatat pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 lalu yaitu sebanyak 827.345 orang. KAI Commuter juga memprediksi puncak volume pengguna Commuter Line Wilayah 8 Surabaya diperkirakan pada Minggu, 14 April 2024 atau H +3 Lebaran yaitu mencapai 45.087 orang.

Untuk pelayanan dan keamanan selama masa Angkutan Lebaran ini, KAI Commuter juga menyiagakan 204 petugas Pengamanan stasiun dan 93 petugas pengamanan di dalam perjalanan Commuter Line. Sedangkan untuk layanan pemesanan atau pembelian tiket, KAI Commuter menyiapkan 85 petugas.

KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan kebijakan pelayanan yaitu kursi prioritas sebanyak 4 tempat duduk per keretanya yang disediakan di ujung-ujung kereta atau dekat boardes. Tempat duduk prioritas tersebut dikususkan kepada pengguna Prioritas seperti pengguna disabilitas, pengguna lansia, dan pengguna membawa balita selama perjalanan Commuter Line.

Selain itu, KAI Commuter wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan okupansi pengguna maksimal pada setiap perjalanan Commuter Line. Jika jarak tempuh Commuter Line kurang dari 100 Km, diberlakukan okupansi sebanyak 150%, atau 159 pengguna tiap keretanya. Sedangkan jika jarak tempuh Commuter Line lebih dari 100 Km dibelakukan okupansi sebesar 120% dari total tempat kapasitas tempat duduk atau sebanyak 128 orang tiap keretanya.

Himbauan juga bagi yang akan melakukan perjalanannya menggunakan Commuter Line di wilayah Surabaya dan sekitarnya agar rencana akan perjalanan sejak awal dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI. Pemesanan lewat aplikasi tersebut sudah bisa dilakukan mulai 7 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Sebelum keberangkatan, pengguna juga harus melakukan boarding di stasiun keberangkatan, siapkan kartu identitasnya untuk mempercepat proses boarding. Untuk informasi lebih lanjut, pengguna bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau melalui akun media sosial @commuterline.