Kembali

Mulai 4 Januari Perjalanan Commuter Line Yogyakarta Menjadi 24 Perjalanan Setiap Hari

Yogyakarta – Animo masyarakat terhadap transportasi publik saat ini menunjukkan tren positif. Salah satunya adalah dengan menggunakan commuter line khususnya warga Yogyakarta dan Solo untuk bermobilisasi dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu yang efesien. Commuter Line Yogya yang perjalanannya sudah sampai ke Stasiun Palur. 

Dapat dilihat dari data yang KAI Commuter himpun bahwa pertumbuhan pengguna Commuter Line Yogyakarta terus meningkat. Total volume pengguna Commuter Line Yogyakarta sepanjang tahun 2023 kemarin tercatat kenaikan sebesar 45% dibanding dengan tahun 2022. Angka pengguna pada tahun 2023 sudah menyentuh 6.453.099 orang pengguna dari tahun sebelumnya melayani 4.463.802 orang. 

Dengan demikian untuk meningkatkan layanan kepda para pengguna mulai 4 Januari 2024 KAI Commuter menambah jumlah perjalanan Commuter Line Yogyakarta menjadi 24 perjalanan setiap harinya. Yang sebelumnya, pelayanan perjalanan Commuter Line Yogyakarta – Palur PP pada hari kerja hanya sebanyak 20 perjalanan tiap harinya dan perjalanan pada akhir pekan dan hari libur sebanyak 24 perjalanan.

Khusus di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 (21 Desember 2023 – 3 Januari 2024) kemarin, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 30 perjalanan Commuter Line Yogyakarta – Palur PP tiap harinya. Tercatat selama masa Nataru volume pengguna Commuter Line Yogyakarta sebanyak 378.287 orang atau rata-rata 27.021 orang per hari. 

Penambahan 4 perjalanan tiap harinya ini juga sebagai pilihan utama masyarakat dalam menggunakan transportasi publik. Sebagaimana diketahui bersama kota Yogyakarta dan Solo merupakan kawasan tujuan wisata, dengan adanya Commuter Line dapat memudahkan para wisatawan menggunakan transportasi publik.

Selain penambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta, KAI Commuter juga meningkatkan layanan dengan mengoperasikan hall baru sisi timur arah Pasar Kembang sebagai akses keluar masuk pengguna di Stasiun Yogyakarta. Pengoperasian hall baru ini juga untuk memisahkan akses keluar dan masuk pengguna Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prameks di stasiun tersebut.

Beberapa stasiun juga sudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan dengan Trans Yogya dan kereta bandara, Stasiun Solo Balapan dengan Batik Solo Trans dan kereta bandara. Serta Stasiun Kutoarjo dengan Bus Trans Jateng. Fasilitas lainnya juga ditambahkan kursi tunggu pengguna, gate elektronik dan pemasangan videotron sebagai display informasi.

Semantara itu untuk operasional layanan Commuter Line Prameks mulai 4 Januari 2024 masih tetap sama dengan sebelumnya. Terdapat total 8 perjalanan Kutoarjo – Yogyakarta PP tiap harinya. Tercatat juga volume pengguna Commuter Line Prameks pada masa Nataru hingga 3 Januari 2023 kemarin sebanyak 48.634 orang, dan total volume sepanjang tahun 2023 sebanyak 882.046 orang.

Berikut Jadwal perjalanan Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prameks mulai 4 Januari 2024:

Jadwal cl yk 4 jan

Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan informasi jadwal perjalanan Commuter Line dan Access by KAI untuk jadwal dan transaksi pemesanan tiket Commuter Line Prameks. Untuk bantuan informasi perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.