Kembali

Pemberlakuan GAPEKA 2023 Di Hari Pertama Kerja Usai Libur Panjang Terpantau Lancar, KAI Commuter Terus Tingkatkan Pelayanan Perjalanan Commuter Line Jabodetabek

Jakarta - Pemberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 hari kerja pertama usai libur panjang pada Senin (5/6) terpantau berjalan relatif lancar. Hingga pukul 10.00 WIB, tercatat sebanyak 354 perjalanan Commuter Line yang telah dioperasikan untuk melayani pengguna di seluruh lintas. Commuter Line Bogor telah mengoperasikan 129 perjalanan, Commuter Line Cikarang 103 perjalanan, Commuter Line Rangkasbitung 68 perjalanan, Commuter Line Tangerang 34 perjalanan dan Commuter Line Tanjungpriok 27 perjalanan.

Hasil evaluasi dan upaya penanganan dari kendala-kendala yang terjadi dari pemberlakuan GAPEKA 2023 mulai 1 Juni 2023 kemarin, KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta dapat menekan kelambatan perjalanan kereta api pada jam-jam sibuk pagi maupun sore hari khususnya di jalur Bogor dan jalur Cikarang – Bekasi. Untuk meningkatkan pelayanan di Stasiun-Stasiun Transit hari ini KAI Commuter mengoperasikan 53 perjalanan Feeder relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan atau sebaliknya.

Tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek hingga pukul 10.00 WIB sebanyak 312.375 orang. Stasiun Bogor dengan jumlah pengguna sebanyak 22.187 orang, Stasiun Citayam sebanyak 19.908 orang, Stasiun Bojonggede 19.662 orang, Stasiun Bekasi 18.242 orang, Stasiun Sudimara 10.657 orang dan Stasiun Tangerang terdapat 8.843 orang yang naik di stasiun-stasiun tersebut. Sementara itu, volume transit di Stasiun Manggarai sebanyak 56.642 orang dan volume transit di Stasiun Tanah Abang sebanyak 52.861 orang.

Untuk memecah kepadatan flow pengguna yang transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter juga telah mengoperasikan fasilitas pelayanan tambahan berupa tangga manual di peron 6/7 dan 8/9 Stasiun yang menghubungkan hall lantai 1 stasiun. Hari ini KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 1.133 peralanan Commuter Line di seluruh lintas.

KAI Commuter mengimbau kepada pengguna untuk menyesuaikan perjalanan kembali dengan jadwal keberangkatan yang baru. Jadwal dan informasi terkini bisa mengakses di website commuterline.id atau melalui aplikasi C-Access serta akun media sosial @commuterline dan call center 021-121.