Kembali

Pergerakan Pengguna Commuter Line Jabodetabek Pada Libur Awal Puasa Terpantau Ramai Di Stasiun-stasiun Sekitar Pusat Perbelanjaan dan Sentra Bisnis Lainnya

Jakarta - Memasuki minggu pertama di awal bulan Ramadan tahun ini, operasional pelayanan perjalanan Commuterline Jabodetabek berjalan normal, dengan sebanyak 1.061 perjalanan tiap hari nya. Pada awal puasa Ramadan (12-16/3) KAI Commuter mencatat volume pengguna sebanyak 3.851.489 orang. 

Dari pantauan pergerakan pengguna selama bulan Ramadan, di hari kerja volume pengguna tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasa. Rabu, 13 Maret 2024 sebagai hari pertama puasa kemarin tercatat volume pengguna Commuterline Jabodetabek sebanyak 927.201 orang, sedangkan rata-rata pengguna hari kerja sepanjang Maret 2024 sebelum puasa sekitar 1 Juta lebih.  

Hari ini Minggu (17/3) hingga pukul 14.00 WIB dari data KAI Commuter jumlah pengguna diangka 167.217 orang. Dimana terpantau pergerakan pengguna didominasi di stasiun-stasiun yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan dan sentra bisnis lainnya.

Stasiun Tanah Abang, hingga pukul 14.00 WIB pengguna yang turun sebanyak 25.186 orang. Sedangkan Stasiun Bogor mencatat sebanyak 7.704 orang yang turun di stasiun tersebut. Sementara itu di Stasiun Tebet dan Stasiun Depok Baru masing-masing berjumlah 5.820 orang dan 4.792 orang. Sedangkan pengguna yang turun di Stasiun Sudirman 4.747 orang.

Pada stasiun pemberangkatan pantauan pengguna di Stasiun Citayam dan Stasiun Bogor merupakan stasiun keberangkatan dengan pengguna terbanyak yaitu masing-masing 9.387 orang dan 9.117 orang.


Operasional Layanan Commuter Line Basoetta dan Commuter Line Merak

Untuk layanan Commuter Line Basoetta, Saat ini KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan Commuter Line Basoetta dengan perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 22.45 WIB. Tercatat sepanjang Maret 2024 rata-rata volume pengguna pada hari kerja sebanyak 6.371 orang perhari dan 4.953 orang pada akhir pekan.

Per 1 Maret kemarin Commuter Line Basoetta menambah pemberhentian layanan Commuter Line Basoetta di Stasiun Rawabuaya. Diharapkan layanan Commuter Line Basoetta dapat memberikan alternatif moda transportasi lain menuju dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta maupun kearah Jakarta dengan menggunakan kereta.

Sedangkan pada Commuter Line Merak, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan Commuter Line Merak per harinya mulai pukul 05.05 WIB sampai dengan pukul 21.22 WIB. Sepanjang Maret ini akumulasi total pengguna Commuter Line Merak diangka 183.369 orang, dengan rata-rata pengguna pada hari kerja sebanyak 10.388 orang per hari dan rata-rata pengguna para hari libur/akhir pekan 12.840 orang per hari.

Selama bulan Ramadan saat masuk waktu berbuka puasa, para pengguna yang sedang dalam perjalanan commuterline diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa. KAI Commuter mengimbau saat membatalkan puasa dengan makan dan minum secara tidak berlebihan dan hindari makan atau minum yang berbau menyengat.

Petugas akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa. KAI Commuter juga mengimbau para pengguna saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan.