Kembali

Pergerakan Pengguna Commuterline Di Wilayah 6 Yogyakarta Selama Bulan Ramadan 2024

Yogyakarta - Memasuki minggu kedua bulan Ramadan tahun ini, operasional pelayanan perjalanan Commuterline Yogyakarta berjalan normal, dengan sebanyak 24 perjalanan tiap hari nya. Pada awal puasa Ramadan (12-23/3) KAI Commuter mencatat volume pengguna sebanyak 167.030 orang. 

Dari pantauan pergerakan pengguna, pada hari-hari biasa volume pengguna Commuter Line Yogyakarta lebih banyak dibanding selama bulan Ramadan ini. Tercatat pada hari kerja biasa rata-rata volume pengguna sebanyak 19.494 orang per hari, sementara rata-rata volume pengguna hari kerja selama bulan Ramadan sebanyak 13.822 orang perhari.

KAI Commuter juga mencatat rata-rata volume pengguna Commuter Line Yogyakarta pada akhir pekan atau hari libur sebelum bulan Ramadan tercatat sebanyak 24.832 orang per harinya. Sedangkan selama bulan Ramadan, rata-rata volume tercatat sebanyak 14.114 orang per harinya.  

Juga sama halnya dengan tren pergerakan volume pengguna Commuter Line Prameks. Rata-rata volume pengguna pada hari kerja sepanjang Maret sebelum Ramadan tercatat sebanyak 2.375 orang perhari, sedangkan pada bulan Ramadan ini tercatat sebanyak 1.578 orang per hari.

Sementara itu rata-rata volume pengguna pada hari libur akhir pekan sebalum Ramadan sebanyak 3.036 orang per hari. Sedangangkan rata-rata volume pengguna akhir pekan selama Ramadan ini sebanyak 1.734 orang per harinya.

KAI Commuter juga mencatat Stasiun Yogyakarta merupakan stasiun dengan volume pengguna terbanyak selama Ramadan ini dengan rata-rata sebanyak 3.500 orang per harinya. Sementara untuk Stasiun Solo Balapan tercatat sebanyak 1.700 orang per harinya. Sedangkan Stasiun Kutoarjo sebagai Stasiun pembarangkatan Commuter Line Prameks sebanyak rata-rata volume sebanyak 1.300 orang per hari. 

Meski demikian, Commuter Line merupakan transportasi masal yang menjadi pilihan utama di wilayah Yogyakarta dan Solo. Untuk layanan kepada penggunanya, KAI Commuter juga melakukan penambahan fasilitas layanan seperti perbaikan toilet, musala dan fasilitas ruang tunggu pengguna di stasiun-stasiun Commuterline.

Selama bulan Ramadan saat masuk waktu berbuka puasa, para pengguna yang sedang dalam perjalanan commuterline diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa. KAI Commuter mengimbau saat membatalkan puasa dengan makan dan minum secara tidak berlebihan dan hindari makan atau minum yang berbau menyengat.

Petugas akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa. KAI Commuter juga mengimbau para pengguna saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan.