Kembali

Perubahan Layanan Pengguna Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Penataran di Stasiun Blitar, KAI Commuter Imbau Ikuti Arahan Petugas

Blitar - Grafik Perjalanan Kereta Api atau disebut GAPEKA akan diberlakukan pada 1 Juni 2023. KAI Commuter sebagai operator pengelolaan Kereta Api lokal wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya akan melakukan penyesuaian dan perubahan operasional perjalanan kereta api Surabaya dan sekitarnya termasuk Blitar.

Perubahan nama dan perjalanan kereta akan menjadi hal yang perlu diketahui dan dipahami oleh pengguna yang terbiasa menggunakan kereta api pada GAPEKA 2023 ini. Sebutan Kereta Api Lokal/Lokalan, Ekonomi Lokal, Komuter/KRD akan berganti menjadi Commuter Line.

Untuk perjalanan kereta akan ada peningkatan yakni pada waktu tempuh perjalanan. Rata-rata waktu tempuh perjalanan Commuter Line di wilayah 8 Surabaya akan semakin singkat dengan waktu kurang lebih 5 menit.

Khusus pengguna Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Penataran akan ada penyesuaian. Perjalanan KA-KA tersebut yang dulunya memiliki relasi Surabaya – Kertosono – Blitar – Malang –Surabaya ataupun sebaliknya dengan memiliki nama KA Dhoho-Penataran dan KA Penataran Dhoho, kini pada pemberlakuan GAPEKA 2023 perjalanannya akan dipisah.

Commuter Line Penataran nantinya hanya akan melayani relasi Surabaya Kota/Gubeng – Malang – Blitar untuk kembali ke Surabaya Kota/Gubeng via Malang. Sementara itu untuk perjalanan KA Dhoho-Penataran yang memiliki relasi Surabaya Kota/Gubeng – Kertosono – Blitar - Malang - Surabaya Kota/Gubeng, pada GAPEKA 2023 ini berubah menjadi Commuter Line Dhoho dan hanya melayani relasi Surabaya Kota/Gubeng – Kertosono – Blitar dan kembali menuju Surabaya Kota/Gubeng via Kertosono.

Bagi pengguna terusan KA Dhoho-Panataran yang dulunya dapat menggunakan satu tiket dan tidak perlu berganti KA di Stasiun Blitar, kini harus menggunakan dua tiket perjalanan yaitu Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Penataran. Pengguna juga harus melakukan transit untuk berpindah KA di Stasiun Blitar.

KAI Commuter memprediksi rata-rata pengguna yang transit di Stasiun Blitar sebanyak 250-300 orang pada setiap perjalan Commuter Line Dhoho maupun Commuter Line Penataran. KAI Commuter telah menyiapkan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna yang akan transit di stasiun tersebut seperti area boarding dan ruang tunggu. KAI Commuter juga akan menyiagakan petugas tambahan di Stasiun Blitar untuk membantu pelayanan pada saat mulai pemberlakuan GAPEKA 2023.

KAI Commuter mengimbau dengan pemberlakuan GAPEKA tahun 2023 ini para pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanannya sesuai dengan jadwal yang berlaku. Untuk kenyamanan bersama selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta. Informasi terbaru dapat disimak melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline dan Contact Center 021-121.