Kembali

Sukseskan Angkutan Nataru 2023-2024, KAI Commuter Lakukan Simulasi Tanggap Darurat

Jakarta - Memasuki masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024, KAI Commuter lakukan persiapan-persiapan untuk mensukseskan masa angkutan tersebut. Selain pelaksanaan posko yang dimulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 nanti, KAI Commuter juga melakukan persiapan-persiapan dengan fokus pada segi keselamatan, keamanan dan pelayanan kepada pengguna Commuter Line.

Seperti yang dilakukan pada hari ini Kamis, (14/12) di Dipo Depok. KAI Commuter lakukan simulasi tanggap darurat pada operasional perjalanan Commuter Line. Para petugas front liner yang berdinas pada perjalanan Commuter Line diberikan pelatihan dan penanganan untuk kesiapan apabila terjadi keadaan darurat pada perjalanan Commuter Line. 

Petugas-petugas KAI Commuter iberikan pelatihan pemasangan tangga darurat untuk proses evakuasi pengguna Commuter Line ke lokasi yang aman jika terjadi kondisi darurat. Selain itu pada kegiatan ini juga dilakukan pelatihan overstappen atau proses mengevakuasi pengguna dari rangkaian commuter line ke rangkaian commuter line lainnya jika terjadi keadaan darurat di atas lintas jalur rel kereta. 

Selain itu, manajemen KAI Commuter juga secara rutin memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para petugas yang meliputi standar operasional prosedur (SOP) kerja dan keselamatan kerja dan pengembangan kompetensi pegawai. Pembinaan dan pelatihan secara rutin ini dilakukan untuk memningkatkan layanan para petugas KAI Commuter terutama petugas di dalam perjalananan Commuter Line. 

Untuk melayani pengguna selama masa Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 1.100 perjalanan Commuter Line tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB. sementara itu, sepanjang Desember 2023 ini volume pengguna Commuter Line tercatat hampir sebanyak 11 juta orang dengan rata-rata sebanyak 896.307 orang pada hari kerja dan sebanyak 710.738 orang pada akhir minggu. 

Diharapkan dengan adanya pelatihan dan simulasi tanggap darurat ini keselamatan dan keamanan pengguna Commuter Line lebih terjamin, serta para petugas KAI Commuter semakin siap dalam menghadapi masa Posko Nataru 2023-2024.