Kembali

Switch Over Stasiun Tambun, KAI Commuter Lakukan Penyesuaian Jadwal Commuter Line Cikarang Pada Jumat Malam 24 November 2023

Pemerintah melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Jakarta Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan pada Jumat malam hingga Sabtu dini hari, (24-25/11) akan melaksanakan switch over pekerjaan prasarana perkeretaapian seperti persinyalan dan jalur rel di Stasiun Tambun. 

Untuk keselamatan perjalanan Kereta api dan keperluan teknis pekerjaan switch over tersebut, KAI Commuter bersama KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan penyesuaian perjalanan kereta khususnya perjalanan Commuter Line Cikarang terakhir untuk tujuan Bekasi/Cikarang atau tujuan Manggarai/Kampung Bandan khusus pada Jumat malam, 24 November 2023.

Berikut perjalanan Commuter Line Cikarang terakhir khusus pada Jumat malam 24 November 2023:

1. Commuter Line No. 5181 relasi Cikarang – Angke via Manggarai pemberangkatan pukul 22.27 WIB

2. Commuter Line No. D1/5185A relasi Cikarang – Manggarai pemberangkatan pukul 22.56 WIB

3. Commuter Line No. 4111 relasi Cikarang – Kampung Bandan via Pasar Senen pemberangkatan pukul 23.14 WIB

4. Commuter Line No. D1/5187B relasi Bekasi – Manggarai pemberangkatan pukul 23.41 WIB

5. Commuter Line No. D1/5168A relasi Kampung Bandan - Cikarang via Manggarai pemberangkatan pukul 22.15 WIB

6. Commuter Line No. D1/5598A relasi Kampung Bandan - Bekasi via Pasar Senen pemberangkatan pukul 22.38 WIB

7. Commuter Line No. D1/5182B relasi Angke - Bekasi via Manggarai pemberangkatan pukul 23.47 WIB

Pelaksanaan switch over ini juga merupakan proses lanjutan dari dari pengoperasian bangunan baru Stasiun Tambun yang sudah selesai tahap pembangunannya. Bangunan baru stasiun hasil revitalisasi ini memiliki aksesibilitas dan fasiltas layanan yang lebih baik, dilengkapi dengan lift untuk pengguna berkebutuhan khusus, toilet disabilitas, ruang laktasi, pos kesehatan, dan hall maupun peron yang lebih luas untuk melayani pengguna.

Di Stasiun Tambun pelayanan perjalanan Commuter Line melayani untuk tujuan Stasiun Cikarang dan tujuan Stasiun Kampung Bandan/Angke via Manggarai maupun via Pasar Senen. Sementara itu, saat ini KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 268 perjalanan Commuter Line Cikarang tiap harinya, dengan jumlah 174 perjalanan yang dilayani di Stasiun Tambun. 

Sementara itu, rata-rata volume pengguna di stasiun tersebut pada hari kerja sebanyak lebih dari 11 ribu orang per hari nya dan hampir 8.500 orang per hari pada akhir minggu.

KAI Commuter mengimbau para pengguna yang hendak menggunakan Commuter Line Cikarang khusus pada Jumat 24 November 2023, untuk menyesuaikan kembali keberangkatannya khusus pada malam hari dikarenakan adanya pengaturan rekayasa pola operasi perjalanan dengan jadwal-jadwal tersebut. Informasi lebih lanjut seputar perjalanan Commuter Line Jabodetabek dapat diakses melalui aplikasi C-Access dan akun media sosial @commuterline serta call center 021-121.