Kembali

Tingkatkan Kenyamanan, Akses Keluar Masuk Pengguna Commuter Line Yogyakarta – Palur Melalui Hall Baru Sisi Timur Arah Jl. Pasar Kembang

Yogyakarta - KAI Commuter mencatat tren kenaikan pengguna Commuter Line Yogyakarta. Tercatat bulan November kemarin rata-rata pengguna perhari sebanyak 18.469 orang atau naik sebesar 1% jika dibanding rata-rata Oktober 2023 yaitu sebanyak 18.282 orang per harinya. Khusus pada akhir minggu dan hari libur bulan November rata-rata pengguna sebanyak 24.878 orang per harinya. Angka tersebut lebih banyak 2% jika dibanding Oktober atau sebanyak 24.448 orang per harinya.

Seperti yang diketahui bersama, Kota Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata pada libur Natal dan Tahun Baru. Dengan tren kenaikan tersebut dan dalam menghadapi masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024, KAI Commuter terus meningkatkan layanannya khususnya layanan di Stasiun Yogyakarta.

Mulai 1 Desember lalu, KAI Commuter juga telah memisahkan akses keluar masuk pengguna Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prameks di Stasiun Yogyakarta. Para pengguna Commuter Line Yogyakarta – Palur bisa melalui hall baru sisi timur dari arah Jl. Pasar Kembang. 

Untuk mengurangi antrian pengguna saat akan masuk maupun keluar stasiun, KAI Commuter mengoperasikan 15 unit gete eletronik di hall baru ini. KAI Commuter juga menyediakan faslitas layanan lainnya seperti kursi tunggu, fasilitas charging booth serta toilet dan musala. Untuk keyamanan saat menunggu keberangkatan kereta, KAI Commuter juga menyediakan videotron untuk informasi layanan dan kipas angin di area hall.

Luasan bangunan area hall baru ini juga cukup luas yang diharapkan bisa menjadi solusi untuk pengaturan kepadatan dan kenyamanan flow pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta seiring dengan tren peningkatan volume dan peningkatan signifikan volume pengguna yang kerap terjadi pada musim liburan.  

Sementara itu, hall lama sisi selatan dari arah Jl. Pasar Kembang tetap dioperasikan untuk akses keluar masuk pengguna Commuter Line Pramkes di Stasiun Yogyakarta. KAI Commuter juga menyediakan tiga unit gate elektronik untuk pengguna prameks yang melakukan transaksi pembayaran tiket Commuter Line Prameks dengan menggunakan KMT.  

Sementara itu, rata-rata volume pengguna Pramkes bulan November tercatat sebanyak 2.282 orang per hari. Akngka tersebut juga mengalami tren peningkatan sebesar 5% jika dibanding dengan rata-rata volume bulan Oktober yaitu sebanyak 2.182 orang per harinya. 

KAI Commuter berharap dengan dilakukan uji coba pengoperasian hall baru iini dapat meningkatkan layanan dan kenyamanan pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta. KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna untuk menjaga fasilitas stasiun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi vandalisme.