Kembali

Tingkatkan Teknologi dan Keterampilan SDM Perkeretaapian, KAI Commuter Tandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Dengan Perusahaan Perkeretaapian Luar Negeri

PT Kereta Commuter Indonesia dan PT KAI (Persero) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama dalam bidang usaha perkeretaapian dan non perkeretaapian dengan beberapa perusahaan perkeretaapian luar negeri. Senin, 27 November 2023 kemarin, PT KAI (Persero) dan KAI Commuter menandatangani MoU dengan East Japan Railways Company (JR East).  

Pada penandatangan nota kesepahaman tersebut, KAI Commuter diwakili oleh Direktur Utama Asdo Artriviyanto. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Penandatanganan MoU ini untuk mengembangkan kerja sama antar pihak baik dibidang usaha perkeretaapian maupun non perkeretaapian”.

“Nota kesepahaman ini akan berlaku satu tahun ke depan sampai 31 Desember 2024”, jelas Asdo. Dengan ruang lingkup kerja sama diantaranya meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, pengadaan sarana dan suku cadang kereta api, pengembangan berorientasi transit, pertukaran Sumber Daya Manusia yang ahli berdasarkan permintaan, pertukaran informasi dan penyelesaian masalah perkeretaapian dan bidang terkait lainnya.

Sebelumnya pada 9 November 2023 lalu, KAI Commuter juga telah melakukan penandatanganan MoU dengan CRRC Qingdao Sifang Co. Ltd. untuk kerja sama saling menguntungkan dalam pengembangan sarana perkeretaapian di Indonesia. Mulai dari pengadaan sarana Electric Multilple Unit atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga listrik maupun Diesel Multilple Unit atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga diesel.

Selain kerja sama dalam bidang usaha perkeretaapian dan non perkeretaapian, MoU tersebut juga sebagai wadah sharing teknologi, perawatan sarana, peningkatan kapasitas sarana, pengadaan suku cadang, dan peningkatan SDM perkeretaapian. Hal ini perlu dilakukan mengingat teknologi perkeretaapian yang terus berkembang. Ini merupakan salah satu upaya KAI Commuter untuk meningkatkan teknologi perkeretaapian disamping kerja sama yang telah dilakukan dengan PT INKA (Persero).

Nota kesepahaman kerja sama ini juga merupakan pembaruan dari kerja sama yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Yang mana Nota kesepahaman menjadi pedoman dalam rangka pengembangan Kerja sama perkeretaapian maupun non perkeretaapian dan bertujuan untuk menciptakan sinergi usaha dengan prinsip saling menguntungkan dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki masing-masing pihak.

Dengan ditandatangani nota kesepahaman ini, “Kami berharap dengan pembaharuan ini dapat mendukung program strategis perusahaan kami, antara lain Operational Excellence, Customer Experience, Integration, Expansion dan Green Commuter”, tutur Asdo.

KAI Commuter sebagai operator Commuter Line yang saat ini telah mengangkut dan melayani rata-rata pengguna 1 juta lebih orang per hari di seluruh Wilayah operasionalnya. Tentu akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan berkolaborasi banyak pihak sehingga tercipta ekosistem transportasi urban yang memudahkan masyarakat dalam bermobilisasi.

“Dengan telah ditandangani nota kesepahaman kerja sama ini, Saya yakin KAI Commuter akan menjadi solusi ekosistem transportasi perkotaan terbaik di Indonesia”, tutup Asdo.