Kembali

Tren Kenaikan Pengguna KRL Pada Hari Kerja, KAI Commuter Ajak Jaga Keselamatan dan Keselamatan Bersama Dalam Menggunakan Commuter Line - Dukung Timnas, KAI Commuter Juga Mengadakan Nobar di Stasiun BNI City

Jakarta - Senin, (29/4) KAI Commuter mencatat volume pengguna sampai dengan pukul 11.30 WIB sebanyak 405.166 orang. Memasuki akhir bulan April 2024, KAI Commuter mencatat volume pengguna sepanjang April hingga Minggu, (28/4) sebanyak 23.548.327 orang. Terpantau awal minggu Senin 1 April kemarin merupakan hari dengan volume pengguna tertinggi yaitu sebanyak 1.041.750 orang.

Pada Senin pagi ini terpantau juga di stasiun-stasiun pemberangkatan ramai dan kondusif, seperti Stasiun Bogor hingga pukul 11.30 Wib mencatat sebanyak 28.085 orang yang naik, Stasiun Citayam tercatat sebanyak 24.680 orang, dan Stasiun Bojonggede sebanyak 23.347 orang. 

Untuk persebaran pengguna Commuter Line pada hari kerja ini, tetap terpantau pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 06.00 – 08.00 WIB. Sedangkan jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB.

Sedangkan pantauan dari stasiun-stasiun transit juga ramai dengan pengguna yang akan berpindah perjalanan Commuter Line dan berpindah peron, salah satunya Stasiun Manggarai. Hingga pukul 11.30 WIB tercatat volume transit di Stasiun Manggarai sebanyak 62.959 orang, Stasiun Tanah Abang (62.506 orang) dan Stasiun Duri (29.138 orang).

Selain itu, KAI Commuter juga terus mencatat tren kenaikan jumlah pengguna. Rata-rata pengguna pada hari kerja minggu keempat April kemarin sebanyak 964.580 orang per harinya, atau lebih besar 1% jika dibanding dengan minggu sebelumnya. Sedangkan rata-rata pengguna hari kerja pada minggu ke tiga April 2024 sebanyak 162.280 orang.

Dengan tren kenaikan pengguna tersebut, KAI Commuter mengajak seluruh pengguna Commuter Line untuk selalu menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama saat menunggu perjalanan Commuter Line di peron atau di dalam perjalanan Commuter Line. Selalu perhatikan jarak aman tunggu di peron, berdiri tidak melewati garis pembatas warna kuning, serta perhatikan celah antara peron dengan kereta.

Untuk memberikan kemudahan dalam menggunakan Commuter Line, saat ini KAI Commuter memberikan pilihan dalam melakukan transaksi pembelian atau pembayaran tiket Commuter Line. Pengguna dapat memilih dengan sistem pembayaran melalui Kartu Multi Trip (KMT), Uang Elektronik Bank, atau pembayaran lewat QR-Code tiket melalui aplikasi Mitra yang telah bekerja sama dengan KAI Commuter.

Sepanjang tahun ini hingga Maret 2024 kemarin, KAI Commuter mencatat sebanyak 77,4 juta lebih transaksi pembayaran tiket. Sebanyak 43,09% dari total transaksi pembayaran tiket tersebut menggunakan KMT (hampir 33,4 juta transaksi).

Kemudian untuk transaksi pembayaran tiket disusul pengguna Uang Elektronik Bank sebanyak 19,93% atau sebanyak 15,4 juta lebih transaksi dan pengguna QR-Code tiket sebanyak 36,96% atau sebanyak 28,6 juta lebih transaksi.

Dengan kemudahan-kemudahan ini para pengguna Commuter Line memiliki lebih banyak opsi dalam melakukan transaksi pembayaran tiket. KAI Commuter terus berkomitmen untuk meningkatkan standar pelayanannya kepada seluruh pengguna Commuter Line.


KAI Commuter Dukung Timnas

Untuk memberikan dukungan kepada Tim Nasional Sepak Bola Indonesia yang sedang berlaga di ajang Piala Asia U23 ini, KAI Commuter juga mengadakan kegiatan nonton bareng (nobar) bersama pengguna Commuter Line di Stasiun BNI City, Senin 29 April 2024 mulai pukul 20.00 WIB. 

Kegiatan nonton bareng secara gratis ini juga sebagai bentuk kepedulian KAI Commuter terhadap pengguna KRL pecinta sepak bola yang ingin memberikan dukungan kepada Tim Nasional Sepak Bola U23 Indonesia dalam ajang tersebut.

Selain itu, KAI Commuter juga terus mengingatkan kepada pengguna untuk antre dengan tertib saat menunggu perjalanan kereta. Dahulukan pengguna yang akan keluar dari dalam KRL, dan berdiri di peron dengan tidak menghalangi pengguna yang akan keluar dari dalam KRL,  juga tidak memaksakan masuk jika keadaan di dalam KRL sudah padat.